26 February 2020, 10:15 WIB

Gardu Listrik Baru Bisa Beroperasi Saat Kondisi Aman


Gana Buana | Megapolitan

RATUSAN gardu listrik di wilayah Jawa Barat belum juga dioperasikan. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana 3 (UP3) masih mengerahkan petugas untuk melakukan penormalan kondisi gardu listrik.

Manajer PLN UP 3 Cikarang Ahmad Syauki menyampaikan petugas PLN masih terus berusaha melakukan penormalan terhadap jaringan listrik yang terdampak banjir. Selain itu, petugas juga membantu langsung setiap warga yang membutuhkan.

Baca juga: 9.890 Jiwa Masih Mengungsi Akibat Banjir Jakarta

“Petugas kami memberikan bantuan langsung kepada masyarakat terdampak banjir di sekitar instalasi listrik di Pabayuran. Selain itu, bantuan diberikan juga kepada warga yang berada di lingkungan kantor ULP Lemah Abang,” ungkap Syauki di Cikarang, Rabu (26/2).

Syauki mengatakan, PLN UP 3 Cikarang  meminta kepada electrizen yang tempat tinggalnya masih terdampak banjir dan listrik belum dapat dinikmati karena gardu belum dioperasikan agar bersabar.

“PLN mohon maaf karena gardu belum dioperasikan. PLN memastikan listrik di lokasi terdampak banjir dapat dinyalakan apabila sudah dinyatakan AMAN dan mendapat Persetujuan Penyalaan dari RT/RW di lingkungan setempat,” jelas dia.

Untuk mengamankan dan memastikan kondisi kelistrikan di wilayah terdampak banjir di sejumlah titik wilayah Jawa Barat, PLN UID Jabar mengirimkan 451 personelnya ke lokasi terdampak yakni Bekasi, Cikarang, Karawang dan Purwakarta.

Ketika banjir sudah surut, sebelum menyalakan aliran listrik, PLN perlu memastikan bahwa gardu, jaringan, dan instalasi pelanggan aman. PLN melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan, dan pengecekan gardu distribusi yang terkena dampak banjir. PLN akan menyalakan aliran listrik setelah penandatanganan berita acara dengan Ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat yang menyatakan instalasi listrik di rumah warga aman.

Masih ada 110 gardu yang belum dioperasikan dan 691 yang sudah berhasil dioperasikan di wilayah Bekasi hingga Cikarang.

“Untuk upaya percepatan penormalan diturunkan juga tim dari unit-unit PLN Jabar dan Jateng serta DI Yogyakarta,” tandas dia. (OL-6)

BERITA TERKAIT