26 February 2020, 09:27 WIB

Yogyakarta Memulai Penyelamatan Bukit Pandawa


AT/N-2 | Nusantara

KEKAYAAN geologis Indonesia tidak pernah habis dieksplorasi. Salah satunya di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, ada Bukit Pandawa di Desa Sidorejo, Godean, yang sudah berusia 40 juta tahun.

"Bukit Pandawa layak ditetapkan menjadi warisan geologi atau geo heritage. Batuan dioritnya berusia sangat tua, sekitar 40 juta tahun, dan sebelumnya berada di dasar laut," ujar pakar geologi Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta, Prof Bambang Prastistho, kemarin.

Salah satu buktinya ialah adanya endapan dasar laut dan bagian dari bekas aktivitas gunung api purba. Batuan di bukit ini sangat penting untuk melacak jejak sejarah terbentuknya darat-an, khususnya Pulau Jawa. "Karena itu, Bukit Pandawa harus dilindungi dan jangan sampai ditambang," tandasnya.

Peneliti Ahli Utama Badan Geologi, Kementerian ESDM, Hanang Samodra mengaku sudah menerima usulan verifikasi geo heritage Bukit Pandawa dari Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta. "Kami akan memverifikasi lokasi itu layak atau tidak menjadi warisan geologi." (AT/N-2)

BERITA TERKAIT