26 February 2020, 08:40 WIB

Metro TV Ajak Mahasiswa Lawan Hoaks


UL/N-2 | Nusantara

KEHADIRAN sejumlah jurnalis Metro TV ternyata sangat dinanti para mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Jawa Barat. Terbukti pelatihan yang digelar televisi berita pertama di Indonesia itu diikuti ratusan mahasiswa, kemarin.

"Pelatihan jurnalistik ini adalah yang pertama kali digelar di kampus kami. Kehadiran para jurnalis senior Metro TV ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa kami," ujar Dekan Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakhwah IAIN Syekh Nurjati, Hajam.

Ia menilai Metro TV merupakan lembaga penyiaran yang hadir dari rahim reformasi. Sudah banyak kontribusi yang diberikan Metro TV kepada Indonesia, terutama di bidang pendidikan dan sosial.

Karena itu, ia berharap kegiatan yang digelar kemarin bukan menjadi yang terakhir. "Kami ingin pelatihan seperti ini bisa dilakukan lagi. Tentu saja, akan lebih banyak peserta dan mahasiswa yang akan mengikutinya."

PR & Publicity Manager Metro TV, Widya Saputra, menyatakan Metro TV dan Media Group memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kebencanaan, pendidikan, dan kesehatan. Karena itu, pelatihan jurnalistik diberikan kepada anak-anak muda dan mahasiswa. "Pelatihan ini digelar untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa, sehingga bisa berdampak pada upya mengurangi terjadinya penyebaran hoaks," tandasnya.

Selain Widya Saputra, narasumber dalam pelatihan itu ialah jurnalis senior Andi Setia Gunawan. Keduanya memberikan materi seputar informasi, berita, syarat berita, dan proses kerja jurnalistik. (UL/N-2)

BERITA TERKAIT