26 February 2020, 09:30 WIB

Wapres akan Melawat ke Pangkalpinang, PLN Siagakan 280 Petugas


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

UNTUK mendukung kehandalan pasokan listrik selama pelaksanaan kegiatan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII yang diagendakan dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung  (Babel) menyiagakan 280 petugas. Rabu (26/2).

Senior Manager Teknik PLN UIW Babel Taufik Eko mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi untuk melakukan inventarisasi lokasi-lokasi  kunjungan Wapres berserta rombongan.

"Di lokasi-lokasi tersebut kami siagakan 280 petugas beserta dengan skema pengamanan pasokan listrik," kata Eko.

Ia menyebutkan beberapa lokasi yang menjadi prioritas suplai listrik adalah instalasi vital, yaitu tempat-tempat dilaksanakannya kegiatan KUII ke VII.

Baca juga: Cegah Sedimentasi, Tanam Pohon di Hulu Bendungan Tilong

Pusat transportasi seperti bandara dan lokasi penunjang lainnya misalnya hotel, rumah makan, serta gedung serba guna  juga tidak luput dari prioritas suplai pasokan.

"Contingency plan kita lakukan dengan menyiapkan pasokan listrik sebanyak tiga hingga empat lapis di masing-masing lokasi. Beberapa titik mendapat suplai utama dari genset namun beberapa titik lain mendapat suplai utama dari penyulang PLN dengan di-backup oleh genset dan uniterupable power supply (UPS)," ungkap Eko.

Menurut Eko, selama kunjungan tersebut, PLN menyiagakan petugas selama 24 jam, standard operating procedure (SOP), dan simulasi switching bila suplai utama bila terjadi gangguan.

"Uji switching pun dilakukan bersama dengan anggota Paspampres untuk memastikan kecepatan manuver beban bila hal itu terjadi. Kurang lebih dalam kurun waktu tiga detik, pasokan dapat kembali disuplai dengan backup yang telah disiapkan," ujarnya.

"Instalasi pelanggan yang menjadi pusat-pusat kegiatan juga tidak luput dari pemeriksaan petugas PLN. Satu persatu lokasi dicek secara intensif dan dilakukan pergantian apabila terdapat peralatan listrik yang rusak." ungkap dia. (OL-1)

BERITA TERKAIT