26 February 2020, 04:30 WIB

Saoirse Ronan Duta Film Irlandia


Atikah Ismah W | Hiburan

AKTRIS Saoirse Ronan, 25, terpilih menjadi duta untuk Irish Film Insitute (IFI), institusi budaya nasional Irlandia untuk film yang berdiri sejak 1942. Perempuan berdarah Amerika-Irlandia tersebut akan mendorong misi IFI untuk preservasi dan pameran film-film produksi Irlandia.

"Aku merasa sangat gembira diminta menjadi duta perdana IFI. Film di Irlandia akan selalu kudukung. Industri kita telah menjadi semakin kuat melalui proyek luar biasa yang diproduksi di dalam dan luar negeri oleh pembuat film asal Irlandia, serta produser dari mancanegara," ujar Ronan, seperti dilansir dari laman resmi IFI, pekan lalu.

"IFI selalu memedulikan film yang bagus dan aku merasa terhormat mendapat sedikit kesempatan bergabung dalam upayanya untuk membagikan karya yang brilian kepada sebanyak mungkin orang," lanjutnya.

Dalam keterangannya, IFI menyatakan bahwa pemilihan Ronan berdasarkan pada perannya dalam kampanye penggalangan dana preservasi IFI pada 2011 serta bakatnya untuk mendorong peningkatan kepedulian atas dana yang diperlukan. Itu digunakan untuk membangun fasilitas preservasi baru bagi materi yang dilestarikan dalam arsip film Irlandia IFI.

"Saoirse ialah aktris yang sangat berbakat dan kami gembira menampilkan seniman yang disegani sebagai duta perdana IFI. Pencapaian Saoirse yang sangat bagus menjadi nilai tambah bagi upaya kami dalam ekshibisi, preservasi, dan edukasi tentang film," terang Direktur IFI, Ross Keane. Ia menambahkan, penunjukan Saoirse diharapkan dapat membantu membangun generasi baru pencinta film di Irlandia.

 

Penghargaan

Meski terbilang masih muda, Ronan bukan pendatang baru dalam industri film. Nominasi Oscar tidak hanya sekali dua kali menghampirinya. Ketika masih berusia 13 tahun, ia telah dinominasikan dalam Oscar 2008 sebagai best supporting actress untuk film Atonement. Delapan tahun berselang, ia juga dinominasikan untuk best actress dalam film Brooklyn.

Pada 2017, ia masuk nominasi yang sama untuk perannya sebagai Christine McPherson di film Lady Bird. Pada Oscar tahun ini, ia juga masuk nominasi melalui film Little Women, meski kalah dari Renee Zellweger di film Judy.

Lebih istimewa, Ronan telah digadang-gadang kritikus film masuk nominasi Oscar 2021 untuk kali kelima dalam film drama sejarah Ammonite yang akan rilis pada tahun ini. Di film ini, Ronan akan beradu akting dengan Kate Winslet dan berperan sebagai istri turis kaya yang memiliki hubungan gelap dengan sesama perempuan.

Sebelum memutuskan hiatus dari akting, Ronan kembali berduet dengan pasangan mainnya di Lady Bird dan Little Women, yakni Timothee Chalamet, untuk film The French Dispatch yang disutradarai Wes Anderson.

Meski duet Ronan-Chalamet disebut memiliki chemistry yang cocok, Ronan menegaskan ia tidak menjalin hubungan dengan Chalamet.

Seperti dilansir dari Refinery29, Ronan mengaku bekerja dengan Chalamet terasa alami baginya. "Ia membuatku tetap terjaga. Aku tak pernah yakin apa yang akan dilakukan Chalamet," jelas Ronan. "Hanya, terbiasa bekerja sama membuat kami merasa dapat melakukan akting dengan sangat alami," imbuhnya. Ia juga kukuh menjaga kehidupan pribadinya agar tidak tersentuh sorotan. (H-3)

 

 

 

BERITA TERKAIT