25 February 2020, 23:53 WIB

Ini Titik Dapur Umum bagi Korban Banjir Jakarta


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

SEBANYAK 90 dapur umum yang disiapkan bagi korban banjir di Jakarta. Dapur umum tersebut berasal dari 1 unit di Dinas Sosial dan 5 unit di Sudin Sosial. Sementara, 84 unit dapur umum mandiri yang dikelola masyarakat peduli bencana dan ditempatkan di kelurahan rawan bencana (KSB).

"Terkait sarana dan prasarana telah disiagakan mobil Rescue Tactical Unit (RTU), mobil dapur umum lapangan, mobil tangki air, mobil truk, mobil dapur air lapangan, mobil operasional makanan siap saji, motor trail, perahu, tenda pengungsi, dan mobil operasional barang," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi DKI Jakarta, Irmansyah dalam keterangan resminya, Jakarta, Senin (25/2).

 

Baca juga: Banjir Jakarta, Anggota DPR: Anies dan Bawahan Kurang Serius

 

Adapun persebaran titik lokasi dapur umum meliputi, di Jakarta Pusat sebanyak 12 KSB dan 1 dapur mandiri. Di Jakarta Utara sebanyak 18 KSB dan 1 dapur mandiri, di Jakarta Barat sebanyak 18 KSB dan 4 Dapur Umum Mandiri. Di Jakarta Selatan sebanyak 19 KSB dan 7 dapur mandiri, dan Jakarta Timur sebanyak 17 KSB dan 6 dapur mandiri.

"Terkait sarana dan prasarana telah disiagakan mobil Rescue Tactical Unit (RTU), mobil dapur umum lapangan, mobil tangki air, mobil truk, mobil dapur air lapangan, mobil operasional makanan siap saji, motor trail, perahu, tenda pengungsi, dan mobil operasional barang," kata

Dinsos juga telah mengerahkan Tagana dan Tim Kampung Siaga Bencana (KSB) yang tersebar di 84 lokasi untuk melakukan pendataan korban, evakuasi korban ke tempat yang aman. Khususnya kepada kelompok rentan yaitu lansia, anak-anak, penyandang disabilitas, dan kelompok khusus lainnya.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Subejo, menyampaikan kolaborasi penanganan banjir dilakukan bersama berbagai macam pihak untuk meringankan beban warga terdampak.

"Para pengungsi sebelumnya telah berhasil dievakuasi oleh Disgulkarmat (Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan), pihak kepolisian, satpol, basarnas, dan relawan terkait, serta telah dilakukan penyaluran logistik dari BPBD dan Dinas Sosial," tandasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT