25 February 2020, 23:41 WIB

Pemerintah Kucurkan Rp72 Miliar untuk Influencer Pariwisata


Dhika kusuma winata | Ekonomi

PEMERINTAH menganggarkan dana Rp72 miliar untuk urusan hubungan media dan influencer demi menggenjot pariwisata. Kucuran dana itu disiapkan untuk mengantisipasi lesunya pariwisata akibat kasus virus korona yang menjadi perhatian dunia.

"Ada untuk anggaran promosi Rp103 miliar dan juga untuk kegiatan turisme sebesar Rp25 miliar, dan media relation dan influencer sebanyak Rp72 miliar," ungkap Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/2).

Hal itu diungkapkan Airlangga seusai rapat terbatas antisipasi penyebaran virus korona terhadap perekonomian Indonesia yang dipimpin Presiden Joko Widodo. Menurut Airlangga, anggaran untuk influencer atau pemengaruh itu menjadi bagian dana insentif senilai total Rp298,5 miliar untuk menggaet wisatawan asing. Lazimnya, influencer bekerja membuat konten promosi melalui media sosial.

 

Baca juga: Gegara Virus Korona, Pariwisata Bali Tekor Rp1 Triliun

 

Dana ratusan miliar itu di antaranya Rp98,5 miliar juga disiapkan untuk maskapai penerbangan dan agen perjalanan untuk memberikan diskon khusus kepada turis mancanegara.

"Khusus untuk wisatawan domestik juga diberikan dukungan yaitu pemerintah memberikan diskon 30% untuk 10 tujuan wisata. Nah (diskon) 30% itu untuk kuota 25% seat setiap penerbangan. Ini berlaku selama tiga bulan yaitu Maret, April, dan Mei. Program ini apabila dirasakan manfaatnya dapat dilanjutkan," imbuh Airlangga.

Adapun 10 destinasi tujuan yang mendapat diskon tersebut ialah Danau Toba, Yogyakarta, Malang, Manado, Bali, Mandalika (NTB), Labuan Bajo, Bangka Belitung, Batam, dan Bintan. (OL-8)

BERITA TERKAIT