25 February 2020, 20:03 WIB

Survei: Mayoritas Publik Nilai DPR Berkinerja Baik


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

KEPERCAYAAN publik pada kinerja DPR periode 2019--2024 dinilai cukup tinggi. Hal ini menyusul hasil survei yang dilakukan oleh Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) yang menunjukkan sebanyak 50,5% publik percaya pada kinerja DPR periode baru.

Peneliti Politika Research and Consulting dan Parameter Politik Indonesia Ian Suherlan menjelaskan, survei dilaksanakan secara nasional, pada akhir Januari dan berakhir pada awal Februari 2020. 

Melibatkan 2200 responden, dengan 220 surveior. Masing-masing surveior itu mewawancarai 10 orang, dalam satu desa terpilih. Margin of error dalam survei tersebut sebesar 2,3%.

"Berdasarkan survei kami pada awal Februari ini, DPR sebagai salah satu lembaga negara, itu dinilai baik oleh 50,0% publik dari 2200 yang kami wawancarai," ujar Ian, dalam diskusi Dialektika Demokrasi, di gedung DPR, Jakarta, Selasa, (25/2).

Ia menjelaskan ada 6 lembaga negara yang dijaring opininya. Pertama BPK dinilai baik oleh 48,3% responden, DPD dan DPR dinilai baik oleh 50,7%. Kemudian DPR sendiri dinilai baik oleh 50,0%.

Baca juga : Puan: Mahkamah Kehormatan Dewan Jangan Tutupi Pelanggaran Anggota

"Kalau kita gabung dengan yang menilai sangat baik, kira-kira skornya menjadi 50,5%," ujar Ian.

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Saleh Partaonan Daulay, memberikan apresiasi atas riset yang dilakukan lembaga penelitian tersebut. 

Menurutnya, hal itu bentuk kepedulian publik terhadap kinerja Dewan yang harus mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Survei tersebut juga bisa dipandang sebagai kontrol sosial terhadap kerja lembaga pemerintahan yang menggunakan uang rakyat dalam kegiatan operasionalnya.

Saleh menyebutkan, survei perlu diperdalam lagi menyangkut kepuasan publik di berbagai bidang yang menjadi tugas pokok DPR RI yakni legislasi, pengawasan dan anggaran. 

Sehingga hal itu bisa menjadi referensi menyeluruh bagi Anggota Dewan terkait evaluasi apa saja yang perlu ditingkatkan kinerjanya, agar kepercayaan publik terhadap DPR RI bisa terus meningkat tiap tahunnya.

“Ini bentuk kepedualian masyarakat kepada DPR. Namun survei yang dilakukan ini perlu ditingkatkan lagi dari aspek penilaian yang lebih mendetail. Bagaimana persepsi publik terhadap aspek legislasi, anggaran dan pengawasan misalnya. Karena bagi kita hasil survei ini adalah sebuah kontribusi penting untuk referensi peningkatan kinerja DPR secara keseluruhan,” ujar Saleh. (OL-7)

BERITA TERKAIT