25 February 2020, 19:01 WIB

Jumat ini, 188 WNI Awak World Dream Huni Pulau Sebaru


Nur Azizah | Humaniora

SEBANYAK 188 WNI yang berada di kapal World Dream akan tiba di Pulau Sebaru Kepulauan Seribu pada Jumat (28/2). Mereka akan tiba dengan menggunakan KRI Suharso.

"Jumat nanti sudah landed, sudah sandar dan langsung masuk ke Pulau Sebaru," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (25/2).

Baca juga: Kapal World Dream Diklaim sudah Tersertifikasi Bebas Korona

Meski negatif korona, para WNI itu tetap harus menjalani masa observasi selama dua minggu. Kendati ditempatkan di pulau tak berpenghuni, Muhadjir menjamin mereka mendapatkan fasilitas yang layak.

"Di sana lebih bagus daripada di Natuna karena di situ ada bangunan permanen (bekas) penderita narkoba, sehingga sudah ada peralatan medisnya," jelas dia.

Baca juga: WNI di World Dream akan Dievakuasi ke Pulau tidak Berpenghuni

Sebanyak 188 WNI bekerja di kapal pesiar World Dream yang hingga saat ini masih berada di perairan internasional dekat Bintan karena ditolak bersandar di seluruh negara termasuk Indonesia. Hasil pemeriksaan kesehatan ekstensif berikut suhu tubuh itu menunjukkan seluruh kru WNI terbebas dari virus COVID-19, demikian pula seluruh penumpang kapal yang telah meninggalkan kapal pada pelayaran terakhir pada 9 Februari 2020 dari Hong Kong.

"Kami lepas jangkar di perairan internasional di dekat Kepulauan Bintan untuk memindahkan para awak ke kapal TNI AL," kata President of Dream Cruises Michael Goh.

Baca juga: Inilah Alasan Pulau Sebaru Jadi Karantina ABK World Dream

Dream Cruises telah mengambil keputusan menghentikan sementara kegiatan operasional kapal pesiar World Dream dari Hong Kong sejak 9 Februari. (Ant/X-15)

BERITA TERKAIT