25 February 2020, 17:02 WIB

Cegah Hoax, Metro TV Berikan Pelatihan Jurnalistik ke Mahasiswa


Nurul Hidayah | Nusantara

Ratusan mahasiswa Fakultas Ushuludin, Adab, dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar Metro TV. Dua narasumber utama dihadirkan oleh Metro TV.

Berdasarkan pantauan, ratusan mahasiswa semester 2, 4, dan 6 jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon antusias mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar Metro TV, Selasa (25/2). Jumlah kursi bahkan ditambah dan beberapa mahasiswa terlihat mengikuti dengan seksama pelatihan sekalipun harus berada di luar ruangan.

Pelatihan jurnalistik menghadirkan dua narasumber yiatu jurnalis senior Metro TV, Andi Setia Gunawan serta PR & Publicity Manager Metro TV, Widya Saputra. Andi Setiawan Gunawan memberikan materi seputar informasi, berita, syarat berita, proses kerja jurnalistik yang disertai dengan contoh-contoh berita yang ditulis di berbagai media.

Sedangkan Widya Saputra, memberikan pelatihan mengenai public speaking termasuk bagaimana tata cara berbicara dan melaporkan berita dari  lokasi kejadian.

Dekan Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakhwah IAIN Syekh Nurjati, Cirebon, Hajam, menghaturkan terima kasih kepada Metro TV yang memberikan pelatihan jurnalistik yang pertama kalinya dilakukan di kampus tersebut. ''Yang hadir di sini mayoritas mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI),'' ungkap Hajam.

Ditambahkan Hajam, Metro TV merupakan lembaga penyiaran yang hadir dari rahim reformasi. Selama itu, sudah banyak kontribusi yang diberikan Metro TV kepada Indonesia, terutama di bidang pendidikan dan sosial. Selanjutnya Hajam juga berharap kegiatan yang digelar hari ini bukan menjadi yang terakhir. ''Namun juga bisa dilaksanakan kembali dengan menghadirkan peserta yang lebih banyak lagi,'' ungkap Hajam.

Kepada mahasiswa, Hajam meminta agar pelatihan ini digunakan sebaik-baiknya untuk menambah ilmu di bidang kejurnalistikan.

PR & Publicity Manager Metro TV, Widya Saputra, mengungkapkan jika Media Group memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kebencanaan, pendidikan dan kesehatan. Pelatihan jurnalistik kali diberikan kepada anak-anak muda, mahasiswa yang memliki daya kritis tinggi. ''Di sini kita saling belajar,'' ungkap Widya.  

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa bagaimana informasi dan berita bisa didapatkan  sehingga meminimalkan terjadinya penyebaran hoax. ''Juga agar regenerasi dari pelaku jurnalistik,'' ungkap Widya.

Pada kesempatan itu, Widya juga berbagai pengalaman selama melakukan peliputan di lapangan. (UL/OL-10)

 

BERITA TERKAIT