25 February 2020, 16:18 WIB

Tim Gabungan Warga dan TNI-Polri Bersihkan Anak Sungai


Kristiadi | Nusantara

Antisipasi banjir di musim penghujan, puluhan warga bersama tim gabungan melakukan aksi bersih-bersih Sungai Ciwulan, Cikunteun, yang berada di Kelurahan Cigantang, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Pembersihan anak sungai dilakukan, Selasa (25/2) untuk mengantisipasi bencana, banjir, longsor, dan pergerakan tanah.

Camat Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Dahlan Arifin mengatakan, mengantisipasi bencana yang terjadi di musim penghujan saat ini semua tim gabungan mulai BPBD, TNI, Polri dan warga bergotong royong membersihkan anak Sungai Cikunteun supaya tidak terjadi banjir dan sekarang upaya yang dilakukannya sekaligus mengajak warga peduli lingkungan.

"Selama ini masyarakat banyak yang kurang sadar pada lingkungan dengan kegiatan ini, bisa terus dilakukan agar sungai tetap bersih dan jauh dari pembuangan sampah. Namun, upaya tersebut harus tetap digelar agar tidak terjadi banjir," katanya, Selasa (25/2/2020).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan warga karena kebersihan lingkungan mengantisipasi kejadian bencana pada musim hujan seperti saat ini. Namun, kondisi kebersihan sungai perlu diperhatikan apalagi hujan yang terjadi di daerah dataran tinggi sudah semakin sering mengalami bencana dan jika kondisi sungai tidak diperhatikan tentunya air yang mengalir melewatinya bisa saja meluap.

"Masyarakat yang berada di bantaran sungai diharapkan bisa lebih cermat mengamati air di permukaan. Karena, ada beberapa potensi sungai meluap kalau tidak ada pemeliharaan dari warga sekitar dan kebersihan lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, melainkan juga tanggung jawab semua pihak dan kami mengajak semua untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya.

Ucu mengungkapkan, hujan deras yang terjadi sekarang ini telah menyebabkan satu orang pengendara motor tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Purbaratu, Kecamatan Purbaratu, korban atas nama Dani, 35, warga Kampung Bojongnangka, RW 01, Kelurahan Sukamenak terpaksa dilarikan ke Puskesmas dan dirujuk ke RSUD dr Soekardjo karena mengalami luka di bagian kepala.

"Hujan disertai angin kencang merobohkan pohon dan menimpa pengendara motor, atas kejadian tersebut korban hanya mengalami luka pada bagian kepala dan harus dilakukan penanganan. Karena, luka yang dideritanya itu sobek dan beberapa tangannya luka ringan tapi beruntung nyawanya bisa tertolong warga yang berupaya menghentikan kendaraan dari dua jalur setelah korban tergeletak dan tidak sadarkan diri," paparnya. (AD/OL-10)

BERITA TERKAIT