25 February 2020, 15:23 WIB

Diserang Warga, Polisi Jaga Ketat AEON Mall Cakung


Sri Utami | Megapolitan

Beredar video di media sosial yang menunjukkan sekelompok orang menyerang AEON Mall Jakarta Garden City (JGC) di Cakung, Jakarta Timur, pada Selasa (25/2). Massa menuding pihak pengembang sebagai penyebab banjir di permukiman sekitar.

Kepolisian telah memediasi ratusan orang dengan pihak manajemen AEON Mall Jakarta Garden City. Sebelumnya, warga melakukan aksi protes dan perusakan fasilitas mal. Massa menilai pembangunan perumahan umum (perum) JGC menyebabkan banjir.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, mengatakan proses mediasi berlangsung aman dan tertib. "Kurang lebih 200 orang ini kesal, karena pihak manajemen belum bisa ditemui untuk mediasi. Pada pukul 10.00 WIB, mereka menemui warga dan menjelaskan waduk dan saluran Irigasi di wilayah perum JGC sudah diserahkan kepada pemda dan suku dinas terkait," jelas Yusri, Selasa (25/2).

Baca juga: Anies: 200 RW di Jakarta Banjir

Dia menjelaskan banjir yang menerjang ratusan rumah warga diakibatkan hujan lebat yang mengguyur Jakarta semalam. "Sudah dijelaskan, tapi massa meminta dokumen amdal pembangunan perumahan itu," imbuhnya.

Untuk mengamankan mediasi dan meredakan amarah massa, Polda Metro Jaya menurunkan pasukan dari polres dan polsek, termasuk Patra Brimob.

"Warga meminta pihak perum untuk tidak mmebuang air yang masih mengalir ke perumahan warga," tutur Yusri.

Sebagai informasi, massa yang melakukan perusakan di AEON Mall JGC berasal dari wilayah RW 06, RW 07, RW 09 dan RW 10 di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Saat ini, petugas kepolisian berhasil mendorong massa keluar dari area mal.

"Pukul 12.00 WIB, mal AEON sudah bersih dari massa dan dijaga pasukan dari Polres Jakarta Timur dan Patra Brimob," tutupnya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT