25 February 2020, 11:35 WIB

Soal Banjir Kali ini, Gubernur Anies: Itu Air Lokal


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan banjir pada Selasa (25/2) merupakan air lokal yang meluap. Pasalnya, dalam dua malam lalu Jakarta dan sekitarnya dilanda hujan ekstrem. Malam hingga dini hari tadi, Jakarta kembali dilanda hujan lebih lebat, lebih lama dan lebih merata

"Air yang ada di sini (Sungai Manggarai) itu tidak banyak sampah. Artinya itu air lokal, air lokal tidak bergolak. Jumlahnya memang cukup besar karenanya (Pintu Air Karet) siaga 1. Ini bukan air kiriman," kata Anies di Manggarai, Jakarta, Selasa (25/2).

Diketahui, status di Bendung Katulampa ialah siaga 4 atau normal. Oleh karenanya, menurut Anies, banjir kali ini bukan air kiriman dari hulu.

Kemudian pada Selasa (25/2) pukul 05.50 WIB, ketinggian air di PA Karet mencapai puncaknya dengan siaga 1. Namun pada pukul 09.30 WIB, status ketinggian air menurun menjadi siaga 2. 

Sejak dini hari, pihaknya berkonsentrasi pada penanganan banjir. Yakni, membantu mengevakuasi daerah-daerah yang terdampak banjir. Pemprov juga telah sigap membangun pos pengungsian di wilayah terdampak banjir itu.

"Pemprov bekerja di lapangan. Kami membangun pos pengungsian di wilayah-wilayah terdampak itu. Ada juga pos kesehatan untuk pasokan kebutuhan pokok masyarakat, Jadi kita siapkan semua ," kata Anies.

"Sekarang konsentrasi pada penanggulangan bencana di masyarakat. Jadi, konsentrasi kita ke sana. Semua sumber daya kita lakukan. Kita siapkan untuk terjun," tandasnya. (X-15)

BERITA TERKAIT