24 February 2020, 23:48 WIB

Anggotanya Ditahan, Kapolres Jaksel Tunggu Vonis


Tri Subarkah | Megapolitan

KAPOLRES Metro Jakarta Selatan Kombes Budi Sartono mengaku masih menunggu putusan pengadilan kasus yang melibatkan anggotanya, PLG, 41, yang ditahan di Polres Metro Jakarta Timur. PLG diduga mencuri baterai menara Base Transceiver Station (BTS) milik salah satu provider komunikasi.

"Kita statusnya masih menunggu hasil dari Polres Jamarta Timur seperti apa, apakah ini masuk pidanakah, atau tidak, saya juga nunggu dari mereka, kan bukan saya penangananya," kata Budi di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Senin (24/2).

Budi memastikan bahwa sidang kode etik terhadap PLG akan dilakukan setelah vonis tersebut dijatuhkan. Namun, ia belum mau membeberkan jenis hukuman yang akan dikenakan terhadap PLG.

"Tergantung vonisnya, tergantung hasil pidanannya apa. Terbukti nggak? Kan saya belum tahu. Kalau memang terbukti dia ada kasusnya bisa kita proses kode etik," ujar Budi.

"Kalau terbukti, nanti dari timur ngasih limpahan, memberikan tembusan kepada kita, ini loh anak buahnya kena ini, nanti setelah divonis baru kita lanjutkan ke sidang, misalkan terbukti," tandasnya.

Sebelumnya, PLG bersama dua rekannya yang merupakan warga sipil mencuri batrai BTS di Kompleks TNI AU Dirgantara 3 Halim Perdanakusuma pada Jumat (14/2) sekitar pukul 01.30.

Menurut Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Hery Purnomo PLG dijerat dengan Pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana tentang tindak pidana pencurian.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan bahwa PLG terancam dipecat apabila terbukti melakukan tindak pidana.

"Ada kode etik maupun juga disiplin kepolisian. Jadi, dua sistem itu diproses secara hukum. Nanti apakah sudah memenuhi persyaratan dipecat, kita akan pecat," tandas Yusri. (OL-8)

BERITA TERKAIT