25 February 2020, 12:15 WIB

Timo Tak Beri Ampun Penonton


Bagus Pradana | Weekend

Sekuel teranyar dari film horor besutan sutradara Timo Tjahjanto, Sebelum Iblis Menjemput (SIM) Ayat 2,  akan segera hadir di bioskop seluruh Indonesia pada akhir bulan ini.

Jika dibandingkan dengan film pertamanya yang rilis pada 2018, Timo kali ini menyajikan kengerian dan teror yang lebih intens.

Dalam film sekuel ini ia tampilkan beragam adegan ekstrem yang lebih seru berbalut sinematografi apik. Kemudian, berbeda dengan film sebelumnya yang seluruh cerita berpusat pada tokoh Alfie (Chelsea Islan), pada SIM Ayat 2 ini, Timo melibatkan ensemble cast dan memosisikan tokoh Alfie dalam sebuah skenario petualangan bersama mereka.

"Film ini adalah film horor tapi juga fun, jadi rasanya nggak terlalu bikin stres, nggak selalu harus serius, walaupun ada tema-tema seriusnya juga ya. Buat saya horor itu selain menakutkan juga harus bisa membuat orang merasa ada di sebuah wahana," ungkap Timo saat media screening, di Jakarta, pekan lalu.

"Saya ingin membuat film ini menjadi watching experience bagi penonton, supaya mereka bisa menjiwai, merasakan dan menebak-nebak apa yang akan terjadi selanjutnya," tambahnya.

Timo membuka film ini dengan sebuah 'pace' yang kental akan kejutan sebagai pancingan agar penonton menjadi penasaran. Cerita diawali dengan sebuah misteri yang harus dipecahkan oleh Alfie (Chelsea Islan), ketika ia dan adik tirinya Nara (Hadijah Shahab) bertemu dengan Budi (Baskara Mahendra), Gadis (Widika Sidmore), Jenar (Shareefa Daanish), Marta (Karin Salim), Leo (Arya Vasco), dan Kristi (Luthesa). Mereka kerap diganggu oleh sosok misterius bernama Pak Ayub, lelaki pemuja iblis yang bangkit kembali dari kematian untuk membalas dendam enam pemuda yang pernah membunuhnya tersebut.

Alfie yang berhasil lolos dari teror iblis pada 'SIM' Ayat 1, kini terlihat agak berbeda. Pengalaman kelam masa lalu membuat Alfie hidup dengan perasaan yang seakan penuh dendam. Ia menjadi pribadi yang tempramental, terutama saat dirinya terjebak dalam lingkaran setan untuk membantu Budi CS mengatasi teror dari sang ayah angkat (Pak Ayub) yang menuntut balas.

Korban mulai berjatuhan. Satu persatu dari enam pemuda tersebut tewas akibat teror iblis yang semakin menjadi. Banyak kejutan yang tak diduga ditampilkan tanpa jeda oleh Timo membuat kengerian film ini semakin lengkap.

Special effect yang sempurna serta make up yang detail kian menambah sentuhan kengerian dari film horor berdurasi dua jam ini. Timo tak memberi ampun kepada penonton. Dalam tempo yang cukup cepat penonton langsung dibawa untuk menikmati suasana horor yang intens.

Chelsea Islan yang kembali didapuk untuk memerankan tokoh Alfie dalam film 'SIM'Ayat 2 ini pun mengakui jika sekuel kedua dari film horor arahan Timo Tjahjanto lebih menantang dari film perdananya. Untuk pendalaman karakter di film kedua ini, gadis blasteran Amerika-Indonesia ini cukup tertantang ketika mengubah karakter Alfie menjadi sosok yang lebih emosional.

"Memang di film yang kedua ini dia berevolusi dari yang pertama,  memang di yang kedua ini lebih banyak masalah dan lebih kacau lagi," terang Chelsea dalam kesempatan serupa.

Pada sekuel kali ini, Chelsea harus melakoni beberapa adegan yang cukup menguras fisik seperti dilempar maupun adegan bertarung dengan iblis. Bahkan ada satu scene yang mengharuskan gadis kelahiran 2 Juni 1995 itu berhadapan dengan api sungguhan.

"Adegan tersulit salah satunya adalah yang dengan api itu karena itu bener-bener panas banget, itu asli apinya, bukan CGI. Sebenarnya pas di adegan itu juga deg-degan banget, aduh bisa nggak ya, karena harus ngikutin waktunya jadi kita harus sesuai dengan temponya, kalau salah atau telat dikit aja, bisa meledak," ungkap Chelsea.  

"Adegan itu (syutingnya) lumayan lama, karena kita kan safety banget, takut ada yang terluka atau gimana gitu, jadi bener-bener dari produksi dan Mas Timo juga memperhitungkan semuanya Ini pertama kali adegan sama api. Di film-film sebelumnya belum pernah, jadi ini bener-bener ekstrem pokoknya," kata dia.

Penasaran dengan adegan yang dimaksud Chelsea? Sabar...Film Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 akan tayang serentak mulai 27 Februari 2020 di jaringan bioskop Indonesia. (M-2)

BERITA TERKAIT