25 February 2020, 04:30 WIB

PSSI Bebaskan Shin Tae-yong Pilih Pemain Timnas


MI | Sepak Bola

KETUA Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan membantah pemilihan 33 pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan (training camp) tim nasional Indonesia senior sejak 13 Februari lalu hasil pilihan Indra Sjafri.

Iriawan menyebut, pemilihan pemain hasil diskusi antara Shin Tae-yong dengan Indra Sjafri. “Tidak, itu (pilihan) bersama-sama. Hasil diskusi mereka,” kata Iwan Bule--sapaan karibnya--di sela-sela pelantikan kepengurusan PSSI oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman, di Gedung KONI, Senayan, Jakarta, kemarin.

Sebelumnya, Shin Tae-yong mengatakan pemilihan pemain itu berdasarkan dari rekomendasi Indra Sjafri di Chiang Mai, Thailand. Sebelum mengerucut menjadi 34 nama, Indra memberikan 75 nama pemain.

Iwan mengatakan, saat ini Indra Sjafri telah ditunjuk sebagai Direktur Teknik PSSI. Untuk itu, pemanggilan pemain untuk sesi kedua pemusatan latihan pada 16 Maret nanti akan diserahkan sepenuhnya ke Shin Tae-yong.

“Sekarang kami serahkan sepenuhnya ke Shin. Berkaitan dengan pemilihan pemain dia punya keleluasaan baik untuk timnas U-23 untuk piala dunia nanti (timnas U-20) atau pun timnas senior,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Marciano Norman saat pelantikan pengurus PSSI berharap sepak bola Indonesia akan semakin berkembang di era Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. “Tentunya banyak hal yang menjadi tugas berat PSSI. Mulai dari pembinaan, industri olah raga sepak bola Indonesia yang kita harapkan akan berkembang lebih baik dari waktu ke waktu,” kata Marciano.

Di bagian lain, kompetisi strata tertinggi Indonesia, Liga 1, secara resmi diluncurkan di di Hotel Fairmont, Jakarta, kemarin. Laga awal dilangsungkan pada 29 Februari dan berakhir 1 November, dengan menyuguhkan 306 pertandingan dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator.   

“Liga 1 2020 akan mewakili wajah sepak bola Indonesia secara keseluruhan. Karena itu kami berusaha maksimal musim ini harus lebih semarak dan kompetitif dibanding periode sebelumnya,” tutur Cucu Somantri, Direktur Utama PT LIB, yang juga Wakil Ketua Umum PSSI. (Mal/Ykb/R-2)

BERITA TERKAIT