24 February 2020, 21:12 WIB

Relawan Beri Pendampingan Siswa dan Orang Tua Korban Susur Sungai


Ardi Teristi | Nusantara

TIM relawan Fakultas Psikologi UGM memberi pendampingan psikologis kepada para siswa SMPN 1 Turi yang selamat dari musibah susur Sungai Sempor dan orang tua siswa korban.

Helly Prajitno Soetjipto, selaku Dosen Psikologi UGM sekaligus Ketua HIMPSI DIY, mengatakan program ini dilakukan mengingat suasana duka yang masih menyelimuti seluruh warga SMPN 1 Turi. "Saya kut menyalami para siswa dan hadir ke sekolah pagi tadi bersama para guru merasa terenyuh melihat semangat mereka," kata dia lewat siaran pers dari Humas UGM, Senin (24/2).

Seharusnya hari ini para siswa sudah mulai kegiatan belajar mengajar kembali. Namun, mengingat peristiwa Jumat lalu itu, program pendampingan psikologis diperlukan untuk mengantisipasi dampak psikologis bagi para siswa serta orang tua siswa.

Ia mengapresiasi kehadiran para siswa pagi hari ini. Mungkin ada di antara mereka yang biasanya datang berkelompok untuk masuk sekolah, tapi hari ini kehilangan salah seorang temannya. "Namun, dengan kehadiran mereka pagi tadi menunjukkan mereka telah berani," ujar dia.

Menurut Helly, upaya pendampingan psikologi yang diberikan merupakan Psychological First Aid. Jika pada kecelakaan dilakukan pertolongan pertama medis untuk mengobati luka fisik.

Dalam peristiwa seperti musibah di Sungai Sempor, para siswa peserta susur sungai dan orang tua korban perlu diberi pendampingan psikologis untuk menjaga kesehatan mental yang mungkin saja ikut terguncang.

Helly berharap, musibah ini dapat segera diatasi. Siswa yang kini masih di rawat di rumah sakit bisa segera sembuh dan para siswa yang telah masuk ini bisa kembali seperti sedia kala. (OL-12)

BERITA TERKAIT