24 February 2020, 20:56 WIB

Parade Jersey Klub Warnai Peluncuran Liga 1 2020


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

PT Liga Indonesia Baru (LIB) secara resmi meluncurkan Liga 1 2020 di Hotel Fairmont, Jakarta, pada Senin (24/2).

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Tanah Air menghadirkan 306 pertandingan sepanjang 29 Februari hingga 1 November.

Parade jersey 18 klub peserta turut mewarnai peluncuran Liga 1 2020. Para pemain, seperti I Made Wirawan dari Persib, atau Marinus Wanewar dari Persipura, turut menjadi model jersey dalam acara tersebut.

Hadir pula Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochammad Iriawan, Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

Cucu mengatakan penyelenggaraan liga kali ini akan berbeda dengan musim lalu. Masa kompetisi Liga 1 2020 memiliki masa recovery time (waktu istirahat) bagi tim yang lebih ideal. Sebab, kompetisi berlangsung selama delapan bulan. Dibandingkan dengan musim lalu, liga bakal bergulir lebih panjang dari 221 hari menjadi 246 hari.

Baca juga: Benahi Jadwal Liga 1 dan 2, PSSI Koordinasi dengan Polri

Sehingga, pemain dan official akan memiliki waktu istirahat lebih panjang dengan rata-rata 4,68 hari. Tidak hanya itu, wasit akan menggunakan teknologi tambahan, yakni vanishing spray. Media komunikasi pergantian pemain akan menggunakan papan elektronik.

“Liga 1 2020 akan mewakili wajah sepak bola Indonesia secara keseluruhan. Karena itu, kami berusaha maksimal musim ini harus lebih semarak dan kompetitif dibanding periode sebelumnya,” tutur Cucu dalam peluncuran Liga 1 2020.

Tak lupa, Cucu juga meningkatkan pengawasan pertandingan agar tidak terjadi hal negatif. Pasalnya, Satgas Anti Mafia Bola tetap bertugas mengawasi perhelatan Liga 1 2020.

Sementara itu, Zainudin mengapresiasi hal yang sudah dilakukan para pemangku sepak bola Indoenesia. Salah satunya, mengeksekusi liga dengan tepat waktu.

“Liga 1 2020 tepat waktu dan akan diadakan 29 Februari mendatang. Mungkin ini yang diumumkan dan dieksekusi tepat waktu. Pemerintah mengapresiasi apa-apa yang dibenahi dari sepak bola kita,” ujar Zainudin. Rencananya, pembukaan Liga 1 2020 akan diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 29 Februari mendatang.(OL-11)

BERITA TERKAIT