24 February 2020, 20:37 WIB

Pak Anies, Ada Belasan Titik Sungai Belum Dinormalisasi


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

KEPALA Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Bambang Hidayah, mengungkapkan ada 11 titik di tiga sungai yang belum dilakukan normalisasi.

11 titik tersebut ialah delapan titik di Sungai Sunter, dua titik di Sungai Cakung dan 1 titik di Sungai Pesanggrahan. Ada satu titik di Kali Sentiong yang sudah dinormalisasikan, namun ada sheet pile yang bocor.

"Masih (berpotensi banjir). Di Sunter, Cakung dan Pesanggrahan," kata Bambang di Gedung Balai Kota Jakarta, Senin (24/2)

BBWSCC berupaya mengantisipasi banjir dengan menormalisasi kali Ciliwung sepanjang 1,5 km, di daerah Pejaten Timur dan Istiqlal. Adapun anggaran yang digelontorkan sekitar Rp30 miliar

Namun, saat ini program tersebut kendala soal pembebasan lahan. Pembebasan lahan untuk sodetan Kali Ciliwung dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) melalui BBWSCC.

Selain itu, pihaknya melakukan pengerukan di Danau kemayoran dengan dua ekskavator.

"Kan kemarin hujan ekstrem loh. Jadi saat ekstrem kan tidak tenggelam lagi, turun 2,4 m (air yang surut) karena pengerukan," tutur Bambang.

Pagi tadi, data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, menyebut Underpass Kemayoran sudah surut akibat hujan deras semalam. Sementara itu, untuk wilayah Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat dipastikan keseluruhan ruas jalan telah surut dan dapat kembali dilalui kendaraan.

Kepala BPBD DKI, Subejo mengatakan, meski genangan di sebagian besar wilayah permukiman telah surut, namun masih ada warga yang memilih mengungsi lantaran menunggu proses pembersihan di rumah mereka selesai dilakukan. (OL-8)

BERITA TERKAIT