24 February 2020, 19:17 WIB

Hadapi Napoli, Barcelona Timpang


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

BARCELONA akan menghadapi Napoli di leg pertama 16 besar Liga Champions dengan kondisi timpang.

Pasalnya, ketika bertandang ke Stadion San Paolo, Selasa (25/2) sejumlah pemain inti mengalami cedera seperti, Ousmane Dembele dan Luis Suarez.

Suarez tak bisa membela Barca hingga Mei 2020 karena dihantam cedera lutut. Sementara Dembele lebih parah. Striker asal Prancis itu bakal absen hingga akhir musim.

Lini serang Barca hanya akan mengandalkan trio Ansu Fati, Lionel Messi, Antoine Griezmann.

Kondisi ini membuat Barca menggaet Martin Braithwaite dari leganes pada 20 Februari kemarin. Namun, rekrutan baru ini belum bisa tampil di Liga Champions karena belum terdaftar.

Pelatih Barca, Quique Setien juga harus dipusingkan dengan absennnya lini pertahanan. Pemain sekaliber Jordi Ala dan Sergi Roberto harus absen.

Alba absen hingga Maret 2020. Sedangkan Roberto mengalami cedera adductor dan menepi hingga empat pekan ke depan.

Setien juga harus waspada karena laga tandang terakhir Barca cukup memprihatinkan. Mantan pelatih Real Betis itu harus mengakui keunggulan Valencia dan Atlhetic Bilbao di laga La Liga.

Maka, target Setien tak muluk-muluk. Lionel Messi dan kolega hanya ditargetkan untuk tak terbobol dalam laga di Naples.

Apalagi, Barca jarang mencatatkan angka saat laga tandang di Liga Champions dan itu telah merugikan klub Catalan dalam beberapa tahun terakhir.

"Untuk memenangkan Liga Champions, Anda harus mencetak gol tandang," kata Messi.

"Sangat penting untuk mencetak gol tandang di setiap pertandingan. Ini mendasar. Ketika kami memenangkan Liga Champions,kami mencetak gol tandang di setiap pertandingan. Saya pikir saya ingat kami mencetak gol di semua pertandingan tandang kami,” ucap pemain andalan Argentina itu.

 

Baca juga: Martinelli Jadi Incaran Real Madrid dan PSG

 

Positifnya, Messi sudah mengakhiri krisis golnya dengan membobol gawang Eibar empat kali dan menjadi rekor terbaru dalam kariernya.

Disisi lain, pelatih Gennaro Gattuso juga telah menemukan jati diri timnya usai menjadi pengganti Carlo Ancelotti di Napoli. Partenopei kini meraih enam kemenangan dari tujuh pertandingan.

Di bahwa kendalinya, Napoli jatuh ke papan tengah. Tapi, Gatusso selanjutnya membawa Napoli meraih enam kemenangan dari tujuh pertandingan.(OL-8)

BERITA TERKAIT