24 February 2020, 22:30 WIB

Modi Gelar Karpet Merah Kunjungan 36 Jam Trump


MI | Internasional

PRESIDEN AS Donald Trump ti­ba di Ahmedabad, negara bagian barat Gujarat, India, ne­gara bagian asal Perdana Men­teri India Narendra Modi, pada Senin (24/2). Trump akan memulai kunjungannya selama sekitar 36 jam di India.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memulai hu­bung­an antara dua negara demokrasi terbesar di dunia, yang baru-baru ini tegang karena ke­tegangan perdagangan.

“Kami siap untuk datang ke India, kami sedang dalam perjalanan, kami akan bertemu semua orang dalam beberapa jam,” cuit Trump dalam bahasa Hindi sebelum ia mendarat, seperti dikutip dari DW, Senin (24/2).

Modi siap menyambut Trump dan istrinya Melania saat Air Force One mendarat di bandara. Usai mendarat, Trump pertama kali akan me­ngunjungi Sabarmati Ashram, tempat Mahatma Gandhi tinggal.

Ribuan orang yang sebagian besar adalah pendukung dan pekerja Partai Nasionalis Hindu Bhartiya Janata (BJP) berdiri di sepanjang jalan tersebut dan bersorak ketika iring-iringan kendaraan Trump lewat.


Saling memuji

Miliarder itu menuju ke stadion kriket baru tempat Trump memuji Modi sebagai pemimpin luar biasa, juara hebat India di depan sekitar 100.000 orang.

“Amerika mencintai India. Amerika menghormati India, dan Amerika akan selalu menjadi teman yang setia dan setia kepada orang-orang India,” ka­ta Trump kepada kerumunan gembira, banyak di antara topi baseball bertuliskan Trump.

“Kunjungan Presiden Trump membuka babak baru dalam hubungan kami. Seluruh dunia tahu apa yang telah dilakukan Presiden Trump untuk memenuhi impian Amerika,” timpal Modi

Kunjungan Trump selama tiga jam ke Ahmedabad diperkirakan menelan biaya US$13 juta, termasuk tembok yang dibangun untuk menyembunyikan salah satu daerah kumuh yang berdekatan dengan jalan yang akan digunakan oleh Trump.

Suite Grand Presidential, tempat Trump akan tinggal, tidak akan dapat diakses oleh staf hotel. Area itu dilindungi oleh Dinas Rahasia dan satuan khusus Kepolisian Delhi.(DW/AFP/Nur/I-1)

BERITA TERKAIT