24 February 2020, 18:06 WIB

Jaksa Agung: Finalisasi Kasus Jiwasraya Tunggu Audit BPK


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

KEJAKSAAN Agung menegaskan penanganan perkara korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (persero) memasuki tahap final. Kasus yang sudah menjerat enam tersangka ini tinggal menunggu nilai kerugian negarai lewat audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Kita secepatnya. Bayangkan saja, perkara ini baru dimulai 19 Desember. Padahal perkara ini begitu beratnya, 19 Desember loh, artinya baru dua bulan setengah (hingga saat ini), artinya udah hampir selesai. Kami masih menunggu hasil pemeriksaan kerugian negara dari BPK," papar Jaksa Agung ST Burhanuddin usai menghadiri diskusi bertajuk Penegakan Hukum dalam rangka Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Percepatan Pembangunan Daerah, di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (24/2).

Menurut dia, tim Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Khusus yang menangani perkara ini bekerja cepat. Dalam waktu dua bulan lebih telah mengungkap enam tersangka dan segera dilimpahkan ke tingkat penuntutan.

Tahap penyidikan ini sudah hampir rampung karena tinggal menunggu perhitungan kerugian negara dari BPK. Namun Kejaksaan Agung tidak menargetkan waktu terhadap BPK menyelesaikan audit.

"Selesainya BPK saja," katanya.

Ia mengatakan Kejaksaan Agung juga terus mengembangkan perkara ini. Kemudian juga Korps Adhiyaksa menelusuri aliran aset hasil korupsi dari enam tersangkanya.

"Hari ini pemeriksaan saja, pemeriksaan tersangka kita kan nanti gimana antara pemeriksaan saksi dan tersangka

Kita akan menggunakanny menjadi nanti pemberkasannya," pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT