24 February 2020, 17:34 WIB

Katalog Produk Berkualitas Dongkrak Strategi Pemasaran


Achmad Maulana | Weekend

MEMBUAT katalog produk dapat memperkuat strategi pemasaran para pelaku bisnis. Namun, tidak semua pengusaha dapat menghadirkan katalog produk yang mumpuni. Chekka Riesca, Senior Editor Zilingo, mengatakan ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam menghadirkan katalog produk berkualitas.

"Tampilkan sisi terbaik dari produk Anda. Ambil sudut pandang pelanggan, pikirkan sisi mana dari produk Anda yang paling mereka minati," kata Chekka dalam keterangan pers yang diterima Media Indonesia di Jakarta, Senin (24/2).

Baca juga: Ini yang Akan Tampil di IFW 2020

Ia menambahkan, kondisi pencahayaan yang baik dapat meningkatkan suasana pemotretan secara menyeluruh dan menempatkan produk dalam sorotan. Selain itu, lanjut Chekka, pastikan setiap produk memiliki ukuran yang sama dan setiap foto diambil dengan gaya yang sama.

"Pastikan foto memiliki pola yang sama sesuai dengan kegiatan branding dan pesan perusahaan Anda. Apabila memadai, pilih satu tempat di kantor atau gudang Anda sebagai latar belakang tetap guna menjaga konsistensi foto di seluruh lini produk," tukasnya.

Penggunaan latar belakang yang kreatif juga sangat berpengaruh dalam pembuatan katalog. Pilihan warna latar belakang sangat penting saat menentukan tampilan keseluruhan suatu produk. Tips terakhir ialah periksa kembali hasil katalog yang sudah disusun.

"Langkah tambahan ini dapat membantu mendeteksi hal yang mungkin Anda lewatkan. Meninjau hasil foto itu lagi sebelum diunggah membantu memastikan bahwa foto produk Anda tidak buram, tidak di tengah atau overexposed, tetapi sesuai dengan harapan Anda dan para calon pelanggan Anda," ujar dia.

Di akhir tips, Chekka menyebutkan Zilingo Marketing Services menghadirkan berbagai layanan pemasaran, termasuk paket pembuatan katalog.

Disajikan dalam format a la carte, merek dan bisnis dapat memilih layanan yang dibutuhkan mulai dari layanan fotografi dan videografi berkualitas tinggi untuk pemotretan produk, pemotretan tematik dengan konsep khusus, produksi video untuk berbagai kanal, hingga pembuatan katalog cetak untuk bahan promosi. (RO/A-3)

BERITA TERKAIT