24 February 2020, 15:59 WIB

Jakarta Darurat Banjir, DPRD Bentuk Pansus


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

WAKIL Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Zita Anjani menuturkan seluruh fraksi sepakat membentuk pansus banjir. DPRD berpendapat bahwa Jakarta sudah darurat banjir.

"Semua anggota lintas fraksi menyuarakan banjir sesuatu yang urgent, karena kan dari bulan December lalu berulang-ulang (banjirnya). Di DKI hujan 1 jam saja udah naik 30 - 40 cm. Banjir kemarin cukup parah juga," kata Zita di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (24/2).

Zita mengungkapkan jumlah anggota fraksi di pansus banjir merujuk dengan tata tertib. Yakni, fraksi dengan perolehan kursi besar, akan mengutus lima orang ke pansus. Lalu dua atau tiga orang akan dikirim fraksi dengan perolehan kursi sedang, dan satu orang dikirim dari fraksi dengan perolehan kursi sedikit.

"Ini kan sudah setuju nih di bamus pansus banjirnya. Nanti dikirim ke pimpinan, dari pimpinan itu menginstruksikan kepada masing-masing fraksi untuk kirim anggotanya," tutur Zita.

PKS dan PKB, kata Zita, sempat menolak adanya pansus tersebu. Mereka mempertanyakan mengenai mekanisme kerja pansus. Sementara PAN mempertanyakan apakah pembentukan pansus banjir disepakati seluruh anggota Bamus. Namun, pada akhirnya seluruh fraksi menyepakati.

"Saya juga tekankan di pansus jangan jadi ajang politik ya. Di sini warga Jakarta menilai loh kinerja dewan, kita harus objektif mungkin," tandasnya.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Subejo, menyampaikan sejumlah wilayah permukiman masih terdampak genangan. Total RW yang masih terdampak sebanyak 35 RW, dengan rincian Jakarta Utara (26 RW) dan Jakarta Timur (9 RW).

“Ketinggian air sekitar 10 – 30 cm hingga 70 – 100 cm. Untuk penyebabnya, di wilayah Jakarta Utara karena curah hujan yang tinggi. Sedangkan, di wilayah Jakarta Timur tidak hanya karena curah hujan tinggi, tetapi juga karena luapan Kali Ciliwung, Kali Sunter, dan Kali Mati,” jelas Subejo dalam keterangan resminya, Jakarta, Senin (24/2). (OL-4)

BERITA TERKAIT