24 February 2020, 15:00 WIB

Pencairan Dana Desa Dua Kabupaten di Babel Hanya Dua Tahap


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

DINILAI baik dalam mengelola dana desa, dua kabupaten di Bangka Belitunf hanya menjalani dua tahapan dari total tiga tahapan proses pencairan dana desa. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Pemprov Babel, Yuliswan mengatakan dua kabupaten di Babel yang mendapatkan keistimewaan pencarian dana desa tersebut adalah Kabupaten Bangka Barat dan Bangka Selatan.

"Karena dinilai baik, dua Kabupaten itu masuk dalam kategori desa mandiri, sehingga menjadi istimewa dibandingkan 4 Kabupaten lainya," kata Yuliswan, Senin (24/2).

Ia menjelaskan desa yang masuk dalam kategori mandiri merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui kementerian keuangan untuk desa yang baik dalam mengelola dana desa.

"Karena istimewa, pencairan dana desa di Kabupaten Bangka Barat dan Bangka Selatan hanya melalui dua tahap. Pertama sebesar 60% dan kedua 40%," tambahnya.

Yuliswan menerangkan, pencairan tahap I paling cepat Januari dan paling lambat Juni sebesar 60 persen. Dan tahap II paling cepat bulan Juli sebesar 40 persen.

"Pemerintah mengucurkan dana desa yang besar, agar desa bisa menjadi lebih mandiri, meningkatkan potensi desa dan menggerakkan perekonomian," ungkap dia.

baca juga: KPU Cianjur Terima Berkas Dukungan dari 3 Paslon Perseorangan

Dana desa ini, lanjutnya juga bisa dimanfaatkan untuk peningkatan potensi desa pada sektor produktif dan strategis. Misalnya di sektor perkebunan, pertanian, BUMDes, pariwisata, sektor padat karya dan lainnya.

Ia menambahkan untuk 4 Kabupaten lainya di Babel, yakni Bangka Tengah, Bangka, Belitung dan Belitung Timur, dana desanya tetap disalurkan  dalam tiga tahap.(OL-3)

 

 

BERITA TERKAIT