24 February 2020, 14:40 WIB

Tiongkok Mulai Larang Warga Jual dan Konsumsi Satwa Liar


Deri Dahuri | Internasional

TIONGKOK melaporkan 150 orang kembali meninggal akibat virus korona pada Minggu (23/2). Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok juga mengumumkan, Senin (24/2), jumlah korban meninggal akibat virus korona tipe baru atau COVID-19 menjadi 2.592 orang di seluruh wilayah Tiongkok.

Dalam pernyataannya, Komisi Kesehatan Tiongkok mengatakan bahwa tercatat 409 kasus infeksi virus korona baru dan terjadi penurunan jika dibandingkan satu hari sebelumnya yang mencapai 648 kasus.   

Total orang yang konfirm terinfeksi di Tiongkok Daratan telah mencapai 77.150 orang dan 2.592 orang meninggal.

Pemerintah Tiongkok telah mengumumkan bahwa pihaknya akan mengizinkan non-warga Wuhan yang sehat untuk meninggalkan kota yang menjadi episenter wabah COVID-19.   

Larangan jual satwa liar

Komisi Legislatif Tiongkok telah mengajukan usulan untuk melarang mennjual dan mengonsumsi satwa liar yang diyakini menjadi salah satu sumber menyebarnya wabah virus korona.

Kantor berita Xinhua melaporkan bahwa usulan legislatif tersebut telah diserahkan ke Komisi Tetap Kongres Rakyat Nasional Tiongkok yang mulai dibahas bulan depan.

Tak hanya itu, pemerintah Korea Selatan (Korsel) juga melaporkan 161 kasus virus korona pada Senin (24/2). Total orang yang terinfeksi virus korona menjadi 763 orang dan jumlah korban meninggal akibat COVID-19 di 'Negeri Ginseng' menjadi tujuh orang.

Sementara itu, Kuwait dan Bahrain juga melaporkan untuk pertama kalinya ditemukan kasus virus korona.

Turki, Pakistan. dan Armenia juga menyatakan menutupkan wilayah perbatasan dengan Iran setelah Tehran melaporkan munculnya kasus virus korona dan korbannya di antaranya meninggal dunia.
   
Negara tetangganya, Afghanistan mulai menerapkan pembatasan kunjunga bagi orang asing.

Di sisi lain, Italia menerapkan tindakan emergensi telah kasus virus korona meningkat menjadi 152 kasus dan tiga orang yang positif COVID-19 meninggal dunia. (AFP/Aljazeera/OL-09)

 

BERITA TERKAIT