24 February 2020, 14:27 WIB

Istana Tegur Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty


Dhika kusuma winata | Politik dan Hukum

ISTANA Kepresidenan angkat bicara mengenai pernyataan Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty yang menuai kecaman publik. Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia menyampaikan pimpinan lembaga negara sepatutnya lebih bijak dalam berpendapat.

"Kita tentu mendorong agar seluruh pimpinan lembaga negara untuk berhati-hati dalam menyampaikan pendapat, meskipun mengatasnamakan pribadi," kata Angkie, Senin (24/2).

Baca juga: Komisioner KPAI Sitti Hikmawati Didesak Mundur

Angkie menyatakan akan lebih bijak setiap opini yang disampaikan oleh pejabat lembaga negara disesuaikan dengan data serta dasar akademik yang baik. Pejabat lembaga negara, imbuhnya, seyogyanya mengukur setiap peryataan kepada publik agar tidak menimbulkan kontroversi.

"Karena apapun yang disampaikan, otomatis akan menjadi perhatian publik. Kita harus bisa mengukur dampak baik serta akibat buruk dari setiap pernyataan yang dilontarkan ke masyarakat," jelasnya.

Sebelumnya, Sitti mengungkapkan pernyataan yang menyebut perempuan bisa hamil jika berada satu kolam renang bersama pria.

Pernyataan itu lantas menuai kecaman lantaran tidak berdasar dan menghebohkan publik. Sitti belakangan meminta maaf atas kontroversi tersebut dan menyatakan hal itu merupakan pendapat pribadi. (Dhk/A-3)

BERITA TERKAIT