24 February 2020, 11:07 WIB

Masih Ada 2.393 Pengungsi di 25 Lokasi Pascabanjir Jakarta


Ilham Ananditya | Megapolitan

KEPALA Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Subejo, menyampaikan, sejumlah wilayah pemukiman masih terdampak genangan. Total RW yang masih terdampak sebanyak 35 RW dengan rincian Jakarta Utara (26 RW) dan Jakarta Timur (9 RW).

Dirinya menambahkan, meski genangan di sebagian besar wilayah permukiman telah surut, masih ada warga yang memilih mengungsi lantaran menunggu proses pembersihan.

Hingga kini, warga yang masih mengungsi sebanyak 682 KK dan 2.393 jiwa.

Untuk lokasi pengungsian, di Jakarta Pusat masih tersedia satu lokasi pengungsian, Jakarta Utara masih tersedia 20 lokasi pengungsian, Jakarta Barat masih tersedia satu lokasi pengungsian, dan Jakarta Timur masih tersedia tiga lokasi pengungsian. Sedangkan, di Jakarta Selatan, sudah tidak ada warga yang mengungsi.

Baca juga: Pemprov DKI: Banjir di Sebagian Besar Wilayah Telah Surut

Pemprov DKI Jakarta mengerahkan tim gabungan dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta, BPBD Provinsi DKI Jakarta, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) Provinsi DKI Jakarta hingga PPSU Kelurahan untuk menangani banjir dan genangan.

Disgulkarmat Provinsi DKI Jakarta telah mengevakuasi warga yang terdampak banjir dan genangan ke lokasi pengungsian, sedangkan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta telah mendistribusikan bantuan kepada warga yang mengungsi berupa air mineral, beras, mie instan, makanan siap saji, matras, selimut, pampers, hingga daster.

Antisipasi genangan dan banjir juga terus dilakukan melalui Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta.

Berbagai hal yang dilakukan, yaitu memonitor dan membersihkan tali-tali air, menguras saluran air, mengecek fungsi pompa, hingga membuat sumur resapan (drainase vertikal) di sejumlah titik. (OL-1)

BERITA TERKAIT