24 February 2020, 10:50 WIB

North to East Kembali Siapkan Mini Album


Fathurrozak | Weekend

NAMA North To East mungkin masih asing di telinga sebagian luas pendengar musik di Indonesia. Namun, perlahan duo yang terbentuk sejak 2017 akhir ini, bertumbuh.

Belum lama ini, mereka tampil pada helatan Love Fest 2020. Media Indonesia berjumpa dengan duo yang digawangi Novila Shakina dan Evan Wiratama. Sebelumnya, band yang lahir di Cikarang ini sempat bermain dengan formasi trio bersama Ghanding Ghali. Namun, Ghanding memutuskan untuk tidak meneruskan bermusik bersama keduanya.

 Perjalanan band ini dimulai dari kampus yang sama. Mereka pun kini sudah memiliki satu mini album berjudul ‘The Universe’ dengan materi keseluruhan enam lagu. Nama North To East awalnya berasal dari inisial kedua personel, yang disingkat menjadi N2E (Novila 2 Evan). Pada awal, keduanya ingin bermain ala duo akustik Endah N’ Rhesa. Namun, kemudian nama North To East yang dipilih saat mereka mendeklarasikan sebagai kelompok musik.

Tahun ini, mereka juga tengah mempersiapkan untuk kembali melepas mini album. Saat ditanya alasan kembali merilis extended play, sang vokalis Novila menyebut mereka ingin benar-benar matang mempersiapkan karya untuk diperdengarkan ke publik.

“Sebetulnya kami ingin (rilis) EP lagi. Kami ingin karya-karya kami ini terasa intimate. Walaupun dikit. Jadi orang yang mendengarkan, turut ngerasain juga. Sekarang untuk EP kedua sudah punya dua lagu, dan siap dirilis dalam waktu dekat ini. Bakal ada sekitar lima-enam trek. Sebenarnya mau nambah lagi, tapi kayaknya entar dulu deh. Sekarang sudah 60% untuk seluruh proses sampai mastering,” papar Novila saat ditemui seusai manggung di Love Fest 2020, Istora Senayan, Jumat, (21/2).

Sebagai kelompok musik yang masih bergerak independen dengan mengurusi semua proses, baik dari kreativitas hingga pemasaran, North To East mengaku sangat terbantu dengan kehadiran kanal dengar digital. Beberapa lagu mereka menjadi lebih banyak diperdengarkan. Bahkan dari region yang belum pernah mereka sambangi untuk tur.

“September lalu sebenarnya kami bahkan sempat mendapat undangan dari salah satu penyelenggara musik untuk tampil di Quezon City (Filipina). Namun, karena ada personel kami yang berhalangan hadir, jadi kami memutuskan untuk tidak berangkat,” cerita Novila yang juga siaran di salah satu radio di Jakarta ini.(M-4)

BERITA TERKAIT