24 February 2020, 10:36 WIB

Jenjang Pendidikan Pengaruhi Harapan Hidup Manusia


Bagus Pradana | Weekend

Jenjang Pendidikan Pengaruhi Harapan Hidup Seseorang

TERNYATA setiap jenjang pendidikan yang Anda lewati (sekolah atau kuliah) dapat meningkatkan capaian harapan hidup anda.

Seperti dilansir Dailymail, Jumat (21/2), serangkaian studi terkait angka harapan hidup dilakukan oleh sejumlah ilmuan dari Yale School of Medicine dan University of Alabama untuk melihat variabel apa saja yang mempengaruhi capaian harapan hidup seseorang, dan tak disangka ternyata salah satunya adalah jenjang pendidikan.

Banyak faktor yang memengaruhi capaian harapan hidup seseorang, mulai dari etnisitas,  lingkungan tempat mereka tinggal (habitat), bahkan mungkin peluang kerja yang mereka dapatkan. Namun mengurai faktor-faktor mana saja yang paling berdampak atas capaian harapan hidup seseorang jelas tidaklah mudah.

Dalam kajiannya, para peneliti mengumpulkan data dari sekitar 5.114 responden di empat kota di Amerika untuk mengikuti studi harapan hidup ini. Proyek tersebut sebenarnya merupakan proyek penelitian jangka panjang karena rentang waktu penelitiannya adalah 30 tahun.

Dari penelitian ini, para peneliti mendapatkan hasil sebanyak 395 orang dinyatakan meninggal sebelum mencapai usia 50 tahun. Dengan perbandingan 5:13, 5% dari mereka yang meninggal merupakan lulusan perguruan tinggi, dan 13 % lainnya ternyata memiliki jenjang pendidikan yang rendah.

"Kematian ini mayoritas terjadi pada mereka yang masih berada di usia produktif, dan kami tak menduga sebelumnya, ternyata yang paling banyak adalah dari mereka memiliki tingkat pendidikan rendah," ungkap Dr. Brita Roy, yang merupakan salah satu supervisor dari proyek penelitian ini.

Para peneliti menggunakan ukuran yang disebut Years of Potential Life Lost (YPLL) sebagai proyeksi harapan hidup tersebut. Merujuk penelitian tersebut jika dikuantifikasikan ternyata setiap jenjang pendidikan yang ditempuh oleh seseorang dapat menambah angka harapan hidupnya sebanyak 1,37 tahun.

Dr Roy, yang merupakan salah satu peneliti yang mengampu proyek ini bahkan tidak menyangka ternyata jenjang pendidikan  yang ditempuh oleh seseorang dapat menjadi faktor dominan yang menentukan capaian harapan hidup yang ia miliki.

"Temuan ini sangat menarik. Ternyata capaian harapan hidup seseorang itu dipengaruhi oleh kualitas pendidikan dan jenjang pendidikan yang ia tempuh, dua hal itu ternyata merupakan faktor yang memengaruhi perkembangan tren angka harapan hidup,"  kata Dr Roy.

Bila dibandingkan dengan indikator harapan hidup lainnya, sepeti etnisitas dan tingkat pendapatan, ternyata jenjang pendidikan lebih menentukan capaian harapan hidup seseorang. Peneliti ini kemudian dipublikasikan dalam American Journal of Public Health.

Namun, studi ini masih sering dipertentangkan dengan sejumlah temuan riset lain yang menunjukkan bahwa tingkat pendapatan lah  yang mampu memprediksi harapan hidup seseorang. (M-4)

BERITA TERKAIT