24 February 2020, 07:38 WIB

Empat Warga Inggris dari Diamond Princess Positif Virus Korona


Nur Aivanni | Internasional

EMPAT penumpang kapal pesiar Jepang Diamond Princess yang dipulangkan ke Inggris pada Sabtu (22/2) dinyatakan positif virus korona. Dengan begitu, jumlah total kasus di Inggris menjadi 13 kasus.

Kepala petugas medis Inggris mengatakan keempat warga negara Inggris itu tertular virus korona di kapal Diamond Princess di Jepang. Mereka sekarang telah dipindahkan ke pusat spesialis NHS.

Dua pasien berada di Royal Hallamshire di Sheffield, satu pasien ada di Royal di Liverpool, dan pasien keempat dipindahkan ke Royal Victoria Infirmary di Newcastle.

"Pusat-pusat spesialis tersebut dipersiapkan dengan baik untuk menangani kasus-kasus dan awal tahun ini unit Newcastle berhasil mengobati dan mengeluarkan dua pasien yang telah tertular virus," kata Direktur insiden strategis NHS untuk virus korona Keith Willet seperti dikutip dari BBC, Senin (24/2).

Baca juga: Korsel Siaga Satu Virus Korona

Departemen Kesehatan Inggris mengatakan penilaian risiko penyakit menular telah dilakukan sebelum penerbangan repatriasi dari Jepang pada Sabtu (22/2).

Pihaknya menambahkan bahwa tidak ada seorang pun yang naik dalam penerbangan itu menunjukkan gejala virus apa pun.

Penumpang yang dinyatakan positif akan segera dibawa ke perawatan spesialis NHS.

Departemen Kesehatan menambahkan bahwa "pengaturan yang tepat" sudah ada di Arrowe Park, termasuk pemisahan ketat antara penumpang dengan staf dan satu sama lain. (BBC/OL-1)

BERITA TERKAIT