24 February 2020, 08:00 WIB

Banjir Kikis Elektabilitas Anies


Yurike Budiman | Megapolitan

ELEKTABILITAS Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai melorot tajam. Penyebabnya, banjir yang terus melanda Ibu Kota sejak awal 2020.

"Kalau saya lihat, kecenderungan elektabilitas Anies menurun. Ujian nyata bagi Anies adalah bagaimana membenahi banjir, kemacetan, dan distribusi ekonomi yang berkeadilan," ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno di kawasan Cikini, Jakarta, Minggu (23/2).

Berdasarkan hasil survei Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI), elektabilitas Anies hanya 7,8% jika disandingkan 30 tokoh lain.

Elektabilitas eks Rektor Universitas Paramadina itu sedikit naik menjadi 11,9% saat disandingkan dengan 15 tokoh. Namun, Adi menilai elektabilitas itu jauh di bawah sebelumnya yang mencapai 15-20%.

Baca juga: Banjir Jakarta, Jangan Salahkan Bogor

Menurut dia, elektabilitas Anies turun teratur setelah Jakarta dilanda banjir.

"Banjir yang terjadi di Jakarta sejak 1 Januari itu cukup efektif membunuh kredibilitas Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta," ucap Adi.

Adi tidak menampik Anies merupakan salah satu tokoh yang layak menjadi calon presiden pada Pilpres 2024.

Menurut dia, Anies masih memiliki waktu 2,5 tahun sebagai gubernur DKI Jakarta untuk menunjukkan kinerjanya baik dan layak menjadi calon RI1.

"Jadi Anies ini pertaruhan di sisa dia sebagai gubernur di Jakarta," kata Adi. (OL-1)

BERITA TERKAIT