23 February 2020, 20:40 WIB

Saluran Sempit Jadi Penyebab RSCM Tergenang


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

RSCM untuk pertama kalinya ikut tergenang setelah hujan deras mengguyur Jakarta sejak Minggu dini hari (23/2).

Genangan masuk ke gedung paling belakang di bagian selasar yang terhubung ke beberapa ruangan yang dipenuhi alat medis elektronik.

Kepala Bagian Pemasaran RSCM Ananto menjelaskan, selama ini RSCM cukup tahan terhadap cuaca hujan ekstrem. Pada saat Jabodetabek dilanda banjir berhari-hari pada awal tahun ini, RSCM pun lolos dari banjir.

"Baru kali ini. Pas 1 Januari lalu banjir hebat pun kami nggak kena," ujar Ananto saat dikonfirmasi, Minggu (23/2).

 

Baca juga: Banjir di RSCM, Ketua DPRD Duga Ada Pintu Air yang tak Dibuka

 

 

Ananto menyebut hujan yang turun dalam intensitas ekstrem terutama di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Timur diperkirakan menjadi penyebab sebagian kecil RSCM tergenang air.

"So far pas malam tahun baru kan hujannya lebih keras lagi. Itu nggak berdampak ke kita. Mungkin hari ini curah hujannya cukup tinggi," kata Ananto.

Tergenangnya selasar RSCM pun membuat manajemen rumah sakit akan mengevaluasi keseluruhan saluran RS.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Satriadi menjelaskan saluran air yang ada di gedung yang tergenang air berdiameter kecil.

Saluran itu berada di taman yang dekat dengan ruang Departemen Radiologi, tempat menyimpan banyak peralatan medis. Saluran air itu memiliki diameter yang kecil sehingga ketika hujan lebat turun, air yang tidak tertampung akhirnya meluap dan menyebabkan genangan seperti yang terjadi pada Minggu dini hari.

Hal itu disampaikannya usai meninjau langsung RSCM pagi ini untuk menangani genangan.

"Murni karena saluran kecil. Saya lihat airnya bening kok, salurannya bersih tidak tersumbat sambah," kilah Satriadi. (OL-8)

BERITA TERKAIT