24 February 2020, 03:00 WIB

Utamakan Kerja Tim, Proyek KA Cepat Diminta Tepat Waktu


MI | Nusantara

PENGERJAAN proyek kereta api cepat tunnel (terowongan) 4 diminta tepat waktu. Pemerintah juga berharap bisa berlangsung alih teknologi di setiap pekerjaan proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Hal itu dikatakan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, saat meninjau proyek KCIC tunnel 4 di Kampung Malangnengah, Desa Malangnengah, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat, kemarin. Dengan menggunakan helikopter, Menhub dan Direktur Utama KCIC Chandra Dwiputra tiba di proyek tersebut.

Menhub mengimbau para pekerja agar bisa menjaga hubungan baik dengan warga sekitar dan mengutamakan kerja tim. “Kondisi ini harus dipahami betul. Semua pekerja harus bekerja sama,” ujar Menhub. Dia mengungkapkan sangat bersemangat meninjau terowongan di tunnel 4 untuk menyaksikan secara langsung para pekerja di lapangan, baik tenaga kerja asal Tiongkok maupun pribumi.

Di kesempatan yang sama, Chandra meng­uraikan saat ini proses pembangunan sudah mencapai 44%.
“Sudah 44% dan pembebasan lahan sudah 99,96%. Cuma, di Bandung ada sebidang tanah yang masih menunggu konsinyasi,” ungkapnya.

Sementara itu, pembangunan tol penghubung pantura ke jalur selatan mulai dijajaki dan sejauh ini sudah muncul titik terang. Untuk pintu keluar tol akan ada tiga alternatif, yakni di Brebes, Banyumas, dan Purbalingga.

Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (IPW) Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Banyumas, Joko Purwoko, mengatakan di wilayah Banyumas, disiapkan tiga opsi pintu keluar tol, yaitu melalui utara Kota Purwokerto, selatan Purwokerto, dan bagian barat Banyumas.

Secara terpisah, Kepolisian Daerah Sumatra Barat menyatakan kesiapan mereka membantu pemerintah daerah setempat dalam hal pengamanan untuk memuluskan pembangunan tol.

“Pak Kapolda meninjau tol di Kabupaten Padang Pariaman di jalur Sicincin dan berbincang dengan pegawai dan manager pengerjaan proyek tol. Sampai saat ini pengerjaan masih lancar,” kata Kabid Humas Polda Sumbar, Komisaris Satake Bayu Setianto, kemarin. (RZ/LD/YH/N-3)

BERITA TERKAIT