23 February 2020, 20:27 WIB

Ketua DPRD: Menteng Banjir karena Revitalisasi Trotoar


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi kecewa dengan proyek revitalisasi trotoar yang digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan justru memicu banjir.

Akibat proyek tersebut, saluran di bawah trotoar yang berada di Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat terpampat sehingga menyebabkan banjir.

"Siang tadi saya mengecek langsung kawasan Menteng Jakarta Pusat yang sempat terendam banjir semalam hingga pagi tadi. Tidak beresnya saluran menjadi salah satu penyebab banjir yang terjadi. Ini menjadi program kerja yang mengecewakan," kata Prasetyo di Jakarta, Minggu (23/2).

Prasetyo mengaku mendapat laporan bahwa warga yang tinggal di kawasan Menteng itu tidak pernah terdampak banjir hebat sejak 2006.

Ia juga menyebut guiding block di atas saluran itu susah dibuka sehingga menyebabkan kesulitan petugas untuk membersihkan sampah-sampah di saluran itu.

"Harusnya gampang dibuka tutup. Ini gak bisa dibuka. Ini yang menjadi masalahnya. Keindahan trotoar tidak sebanding dengan dampak yang diakibatkan," tutur politisi PDI-P itu.

 

Baca juga: Jakarta Banjir, Pengamat: Gubernur Sibuk Urus Formula E di Monas

 

Menurut Prasetyo, bak kontrol air yang seharusnya memudahkan petugas untuk membersihkan saluran, ternyata juga tertutup rapat di lantai trotoar. Selain itu banyak sisa-sisa bahan bangunan yang justru menghambat jalannya air.

Ia menyayangkan ketidaksigapan petugas di lapangan menangani banjir. Hal itu karena kurangnya koordinasi antara dinas yang satu ke dinas lain.

Baca juga: 213 Gardu Listrik Belum Menyala Akibat Terdampak Banjir

 

"Saya sudah berulang kali mengingatkan agar tiap-tiap SKPD di Pemprov DKI Jakarta menyingkirkan ego sektoral. Sebab revitalisasi trotoar bukan hanya kerja Dinas Bina Marga, tetapi perlu perhitungan matang Dinas Sumber Daya Air," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT