23 February 2020, 19:09 WIB

Surya Paloh Minta Parpol Redam Praktik Intoleransi


Putra Ananda | Politik dan Hukum

KETUA Umum Partai NasDem Surya Paloh meminta partai politik (parpol) turut berkontribus dalam meredam kasus-kasus intoleransi yang masih marak. Caranya dengan mengedukasi kepada masrayakat mengenai pentingnya sikap toleransi dan kebersamaan.

"Inilah tugas kita (Parpol) untuk tetap mengedukasi publik. Kalau institusi partai politik, khususnya melupakan betapa pentingnya sebuah program mengedukasi publik, ya saya pikir sayang sekali," kata Surya ketika dijumpai sesaat setelah melantik pengurus DPW dan DPD Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) periode 2020-2025, Minggu (23/2).

Pernyataan di atas diungkapkan Surya ketika ditanya awak media mengenai masih adanya kasus intoleransi di Kepri. Salah satunya yakni terkait Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Gereja Katolik Paroki Santo Joseph di Karimun, Provinsi Kepri.

 

Baca juga: Komnas HAM: Negara tak Adil Tangani Kasus Gereja di Karimun

 

Menurut Surya, intoleransi di Indonesia terjadi karena adanya kesalahpahaman di tengah masyarakat. Karena itu, seharusnya Parpol harus terus mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menjaga sikap toleransi diantara pemeluk agama.

"Ekses sedikit kurang lebih karena salah pemahaman karena satu dan lain hal. Inilah tugas kita untuk tetap mengedukasi publik," ujarnya.

Surya juga mengingatkan, moralitas tidak bisa terjaga dengan baik apabila seluruh aspek kemajuan Indonesia yang mengadopsi sistem modernisasi salin bertabarakan satu sama lain.

"Jadi permasalahan-permasalahan toleransi, permasalahan ras, itu masalahnya seharusnya sudah jauh kita kubur beberapa waktu yang lalu," ucap Surya.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh berada di Kota Batam, Kepulauan Riau bersama sejumlah jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Kehadiran surya sekaligus untuk melantik Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) periode 2020-2024. (OL-8)

BERITA TERKAIT