23 February 2020, 19:04 WIB

Alat-Alat Medis Terendam, RSCM Kerahkan Tim Lakukan Pemeriksaan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

RUMAH Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, menyatakan sejumlah alat medis di tempat tersebut terendam air. Menurut Kepala Bagian Pemasaran RSCM Ananto, hal itu terjadi lantaran hujan deras masuk ke selasar atau teras bangunan.

Ananto belum dapat memastikan apakah mesin siap digunakan apabila ada pasien yang hendak diperiksa dengan alat-alat medis tersebut. Alat-alat medis yang terendam dalam kondisi mati sehingga diperlukan pengecekan lebih lanjut untuk mengetahui kondisi mesin.

"Sampai sekarang tim masih melakukan pemeriksaan," katanya saat dikonfirmasi, Minggu (23/2).

Ia menambahkan, genangan air yang merendam alat-alat medis itu langsung ditangani tim RSCM dibantu Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan serta Dinas Kesehatan DKI. "Jam 08.00 sudah kering," lanjutnya.

Baca juga: Cek Banjir RSCM, Menkes Terawan: Ternyata sudah Dikeringkan

Namun, Ananto mengatakan RSCM tidak mengalami kebanjiran pagi ini tetapi hanya mengalami genangan di sebagian kecil selasar atau teras bangunan RS yang terhubung dengan beberapa ruangan.

"Sebetulnya bukan banjir ya tapi genangan air dan adanya di selasar. Pernah ke RSCM nggak? Selasar yang di belakang itu ada genangan air, tapi karena selasar itu juga terhubung dengan ruang radiologi dan ruang radioterapi, sehingga genangannya jadi melebar masuk ke ruangan tadi," kata dia.

Pernyataan tersebut sekaligus membantah video yang beredar di jejaring sosial yang menggambarkan keadaan bagian dalam RS terendam genangan setinggi 30 cm.

Baca juga:Banjir di RSCM, Ketua DPRD Duga Ada Pintu Air yang tak Dibuka

"Sekarang saya juga enggak tahu video itu dapat dari mana sehingga kalau dari video itu proses pengambilan gambar, sudutnya, sehingga kesannya dalem banget dan menimbulkan kerusakan," terangnya.

Ia pun menyayangkan video genangan air di RSCM terlanjur viral.

"Ibaratnya ada genangan di teras rumah tapi tidak masuk ke dalam rumah masa kamu bilang rumah kamu kebanjiran. Nggak kan. Karena hanya sampai teras," tukasnya. (Put/And/A-3)

Alat-alat medis yang dikonfirmasi sejauh ini tergenang oleh air adalah:

1. Stationary X-Ray Ceiling

2. Fluoroscopy

3. Mammography

4. Stationary X-Ray Floor

5. Mobile X-Ray

6. 2 unit CT Scan

7. 1 unit Ultrasound ‘accuson’ (terendam)

8. Seluruh PACS (sistem di ruang baca diduga terendam)

9. 1 unit MRI siemens (terendam)

BERITA TERKAIT