23 February 2020, 23:20 WIB

Waspadai Wabah Covid-19 di Luar Tiongkok


MI | Internasional

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) menyambut baik laporan penurunan dalam kasus baru penyebaran virus corona tipe baru, Covid-19, di Tiongkok. Namun, WHO memberi perhatian pada peningkatan kasus infeksi di luar Tiongkok tanpa ada hubungan pasti dengan riwayat perjalanan dan kontak langsung.

“Potensi Covid-19 untuk menyebar di negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah terus menjadi kekhawatiran kami,” kata ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Tiongkok telah melaporkan 75.569 kasus kepada WHO. Total kematian sebanyak 2.239 kasus. Penyakit ini terdeteksi ringan pada 80 persen pasien dan parah atau kritis pada 20 persen. Virus ini berakibat fatal pada dua persen dari kasus yang dilaporkan.
Penyakit akibat infeksi Covid-19 telah menyebar ke sekitar 26 negara dan wilayah di luar Tiongkok.
 
Kabar terbaru terjadi di Korea Selatan yang melaporkan 123 kasus virus korona tambahan pada Minggu (23/2), menjadikan total nasional menjadi 556 kasus, serta dua kematian tambahan yang menjadikan korban menjadi empat jiwa.

Sedangkan di Italia, virus itu telah menewaskan dua orang, seorang pria dan seorang wanita di usia 70-an. Virus korona ini pun telah menginfeksi 80 lainnya sebagian besar di utara.

Perkembangan itu membuat pemerintah menutup daerah-daerah yang paling parah mengalami kasus virus, yakni di kabupaten Lombardy dan Veneto di utara.

Pihak berwenang kedua kabupaten di Italia, yang menjadi pusat wabah, itu sudah membatalkan beberapa turnamen olahraga, termasuk tiga pertandingan sepak bola liga utama, serta meliburkan sekolah dan universitas.

Perusahaan-perusahaan seperti pemilik Ray-Ban, Luxottica, hingga bank utama negara itu, UniCredit, pun telah meminta para karyawan mereka yang tinggal di daerah terdampak virus agar tinggal di rumah.

Melalui perintah darurat yang dikeluarkan badan perlindungan sipil Italia, pemerintah melarang orang-orang meninggalkan atau memasuki zona yang terkena dampak terburuk. (AFP/TheGuardian/Aljazeera/Hym/I-1)

BERITA TERKAIT