23 February 2020, 08:15 WIB

Shin Dituntut Lakukan Perbaikan


(Faj/R-1) | Sepak Bola

KEKALAHAN timnas senior dalam uji coba melawan Persita Tangerang, Jumat (21/2), dengan skor telak 1-4 menjadi cacatan buruk manajer pelatih Shin Tae-yong. Pelatih asal Korsel tersebut dituntut segera melakukan perbaikan jika tidak ingin tim asuhannya babak belur saat menghadapi Thailand dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand, 26 Maret mendatang.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meminta Shin mencari jalan keluar untuk memperbaiki penampilan tim jelang melawan Thailand. "Saya minta pada Shin untuk terus tingkatkan," kata Iriawan di Jakarta, kemarin.

Lebih jauh, Iriawan mengaku telah mendapatkan penjelasan dari Shin Tae-yong soal kekalahan tersebut. Menurutnya, Osvaldo Haay dan kawan-kawan tidak tampil maksimal karena sebelumnya selama enam hari pemusatan latihan, para pemain terus ditempa fisik oleh Shin Tae-yong.

Selain memberikan catatan kepada Shin, Iriawan mengaku mengambil sisi positif pada pemusatan latihan kali ini. Ia mengatakan para pemain merasakan peningkatan fisik selama diasuh Shin.

"Saya tanya kepada pemain soal latihan yang diberikan. Para pemain merasa ada manfaatnya yang bagus sekali hanya memang cukup lelah," kata Iwan.

Di sisi lain, pengamat sepak bola Akmal Marhali mengaku prihatin dengan kekalahan yang dialami timnas Indonesia. Menurutnya, dengan label timnas harusnya bisa mengalahkan tim promosi Liga 1 dengan mudah.

Namun, ia menyadari hasil positif tak serta-merta diraih ketika pemain yang mengikuti pemusatan latihan ini telah mengalami kelelahan dan kehilangan beberapa pemain pilar yang dipanggil klub. Selain itu, Akmal mengatakan pemain yang mengikuti pemusatan latihan kali ini bukanlah pilihan Shin.

"Mudah-mudahan nanti Shin Tae-yong bisa melihat pemain ketika mulainya kompetisi pada 29 Februari nanti sehingga Shin Tae-yong memilih sendiri pemainnya sesuai dengan kriterianya," kata Akmal. (Faj/R-1)

BERITA TERKAIT