23 February 2020, 05:30 WIB

Tol Sibanceh Beroperasi Lebaran Tahun Ini


Pra/Ant/J-3 | Nusantara

PEMBANGUNAN Tol Banda Aceh-Sigli Seksi IV ruas Indrapuri-Blang Bintang diperkirakan rampung sebelum Lebaran 2020. Cepatnya laju pembangunan konstruksi itu juga tidak lepas dari proses pembebasan lahan yang berjalan lancar.

Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) menyebut progres konstruksi seksi sepanjang 13,5 km itu sudah mencapai 77,75%. Sementara itu, progres pembangunan seluruh seksi di Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 km sudah 30%.

"Ini baru 14 bulan berjalan, jadi termasuk cepat. Insya Allah seksi IV Tol Banda Aceh-Sigli pada libur Lebaran 2020 sudah bisa dipakai," ujar Presiden Joko Widodo melalui keterangan resmi, kemarin.

Kepala Negara juga memuji cepatnya pembebasan lahan pembangunan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) tersebut. Kecepatan itu berkat kerja sama yang baik dari semua pihak, mulai kementerian terkait, gubernur, bupati, PT Hutama Karya, serta masyarakat setempat.

"Alhamdulillah Tol Banda Aceh menuju Sigli sepanjang 74 km pembebasan tanahnya berjalan dengan sangat baik. Untuk seksi IV, pembebasan lahan malah sudah rampung. Tinggal konstruksinya," kata Presiden.

Tol Banda Aceh-Sigli merupakan salah satu ruas Tol Trans-Sumatra yang menjadi proyek strategis nasional (PSN). Dengan pembangunan infrastruktur itu, praktis jarak dan waktu tempuh dari Banda Aceh ke Sigli bakal semakin singkat, dari semula sekitar tiga jam menjadi satu jam.

Pun untuk mendukung pembebasan lahan, pemerintah menggunakan skema dana talangan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Total investasi pembangunan ruas Tol Banda Aceh-Sigli sebesar Rp12,35 triliun dengan PT Hutama Karya selaku kontraktor.

Jumat (21/2), Presiden meninjau pembangunan tol pertama di Provinsi Aceh itu. Presiden didampingi Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, dan Kepala Staf Presiden Moeldoko.

Hadir pula Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo, serta pejabat lainnya. (Pra/Ant/J-3)

BERITA TERKAIT