22 February 2020, 16:50 WIB

Dibantai Persita, Ketum PSSI Beri Catatan untuk Shin Tae-yong


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

Timnas senior Indonesia harus menelan pil pahit setelah keok dari Persita Tangerang dengan skor telak 4-1. Ini adalah laga uji coba perdana Shin Tae-yong menangani timnas senior Indonesia.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan turut bicara soal kekalahan tersebut. Iwan Bule, sapaan akrabnya, mengaku belum puas melihat penampilan timnas ketika dibantai Persita Tangerang.

Menurutnya, aliran bola dan skema permainan timnas masih memiliki banyak catatan. Ia meminta Shin Tae-yong untuk mencari jalan keluarnya jelang melawan Thailand dan UEA pada kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Maret mendatang.

"Belum (puas). Contohnya ada beberapa pemain yang utak-utik bola operan kurang akurat juga kan. Saya minta pada Shin untuk terus tingkatkan. Karena nanti tanggal 16 mulai TC kembali untuk melawan Thailand kemudian lawan UEA," kata Iwan di Jakarta, Sabtu (22/2).

Iwan mengaku telah mendapatkan penjelasan dari Shin Tae-yong soal kekalahan tersebut. Menurutnya, Osvaldo Haay dan kawan-kawan tidak tampil maksimal, karena sebelumnya selama enam hari pemusatan latihan para pemain terus ditempa fisik oleh Shin Tae-yong.

"Menurut pelatih belum maksimal. Saya tanya, karena capek konsentrasi kurang. Artinya memang dia cukup over untuk fisiknya. Saya tanya lagi kenapa capek tapi masih dimainkan? Kita ingin melihat bagaimana penampilan yang bersangkutan saat capek," kata Iwan.

Selain itu, Iwan Bule mengatakan dengan absennya 9 pemain yang dipanggil klub, membuat Shin Tae-yong tidak bisa menurunkan skuat terbaiknya kontra Persita.

Di samping memberikan catatan kepada Shin Tae-yong, Iwan Bule mengaku mengambil sisi positif pada pemusatan latihan kali ini. Ia mengatakan para pemain merasakan peningkatan fisik selama diasuh oleh Shin Tae-yong.

"Saya tanya pemain dia merasa ada manfaatnya yang bagussekali hanya memang cukup capek," kata Iwan. (Faj/OL-10)

BERITA TERKAIT