22 February 2020, 15:10 WIB

Korsel Laporkan Kematian Virus Korona Kedua


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

Otoritas di Korea Selatan melaporkan korban meninggal kedua akibat virus korona baru (Covid-19), Sabtu (22/2). Sementara jumlah kasus baru sudah naik 142 orang, sehingga total nasional menjadi 346.

Jumlah korban nasional Korsel sekarang adalah yang tertinggi kedua di luar Tiongkok, dengan lonjakan kasus di sebuah rumah sakit di Cheongdo. Ini setelah terjadi lonjakan serupa di antara anggota sekte Gereja Shincheonji di Kota Daegu di dekatnya.

Di antara kasus-kasus terbaru, 92 kasus terhubung ke rumah sakit di Cheongdo, sebuah kota selatan yang terhubung dengan sekte gereja tersebut. Demikian menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC).

Lebih dari 150 anggota Gereja Shincheonji Yesus kini telah terinfeksi. Infeksi ini dimulai dengan seorang wanita berusia 61 tahun yang terserang demam pada 10 Februari. Meskipun demikian, wanita ini tetap menghadiri setidaknya empat layanan gereja di Daegu sebelum didiagnosis.

Wali Kota Daegu --kota terbesar keempat Korsel, dengan populasi lebih dari 2,5 juta jiwa-- telah menyarankan penduduk setempat untuk tetap tinggal di dalam rumah. Sementara akses ke pangkalan militer utama AS di daerah tersebut telah dibatasi.

KCDC mengatakan sekitar 9.300 anggota Shincheonji di Daegu telah dikarantina di fasilitas atau diminta untuk tinggal di rumah. Di antara mereka, 544 mengatakan mereka mengalami gejala terinfeksi Covid-19. (AFP/Hym/OL-10)

BERITA TERKAIT