22 February 2020, 12:12 WIB

Untuk Balap Formula E, Jalanan di dalam Monas Sudah Diaspal


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

JALANAN di kawasan dalam Monumen Nasional (Monas) sudah diaspal untuk lintasan balap formula E, tadi malam. Kendati keabsahan surat rekomendasi untuk formula E masih dipertanyakan DPRD DKI.

"Tadi malam katanya di Monas ada uji coba bikin aspal di atas cobblestone. Semua kaget. Info ini dari Tim PDIP," kata Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Gilbert Simanjutak, Sabtu (22/2).

Fraksi PDIP memang paling keras menentang ajang itu diadakan di Monas. Pasalnya, sebagai tempat cagar budaya menurut Gilbert tidak boleh dirusak. Menurut Gilbert, DPRD akan memanggil Pemprov DKI kembali untuk meminta keterangan soal pengaspalan ini.

Sebelumnya, pada rapat kerja Komisi E dengan jajaran Pemprov DKI yakni dengan Dinas Kebudayaan dan Dinas Olahraga terjadi perdebatan soal keabsahan surat rekomendasi Formula E yang dilayangkan Gubernur Anies Baswedan ke Kementerian Sekretariat Negara.

Diakui Pemprov DKI terjadi kesalahan ketik soal isi surat yang menyebut seharusnya rekomendasi dari Tim Sidang Pemugaran Sidang bukan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB).

"Mereka baru kirim jawaban (ke Setneg) sebut sudah koordinasi dengan TACB, lalu ganti lagi bilang dari TSP, karena TACB membantah. Mereka mencoba menggoyang air untuk melihar riak, cari jalan untuk selamat saja," kata Gilbert.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, meminta agar rekomendasi penggunaan Formula E di kawasan Monumen Nasional (Monas) dikaji ulang. Pasalnya dari segi proses administrasi saja, penerbitan surat rekomendasi itu sudah tidak benar. (OL-2)

BERITA TERKAIT