22 February 2020, 00:02 WIB

Diapresiasi, FSB Kharisma Bangsa Diharapkan Terus Berlanjut


Syarief Oebaidillah | Humaniora

REKTOR Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Amany Lubis menilai kegiatan Festival Seni Budaya (FSB) yang digelar Sekolah Kharisma Bangsa dan Eduversal sangat positif dalam mewadahi bakat seni dan kreativitas sains siswa di tanah air.

Karena itu, ia berharap kegiatan ini terus dilanjutkan guna memupuk semangat berkarya anak anak Indonesia.

"Saya kira FSB ini harus terus dilanjutkan apalagi kegiatan ini telah bertahun-tahun dilaksanakan dengan peserta yang semakin meningkat. Sehingga, kita bisa lihat kinerja Kharisma Bangsa yang konsisten dalam pengembangan sains dan budaya secara global," kata Amany kepada wartawan usai pembukaan FSB 2020 di sekolah Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (21/2).

Pembukaan FSB 2020 dilakukan Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie yang dihadiri Ketua Yayasan Paramadina Didik J Rachbini, pimpinan Kharisma Bangsa serta ratusan kepala sekolah, guru dan siswa dari 20 provinsi.

Saat meninjau pameran peserta FSB yang mencakup kegiatan Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (OSEBI) ke-6 dan Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) ke-12, Amany Lubis melontarkan apresiasinya.

Baca juga : Kharisma Bangsa Kembali Gelar Olimpiade Seni dan Bahasa

"Saya melihat karya anak anak kita mencengangkan, tidak kita bayangkan mereka pelajar SMP dan SMA, dalam usia muda mereka dapat menuangkan karya dengan menciptakan dan mengembangkan alat yang terkait dengan kemudahan hidup," tandasnya.

Dalam kesempatan sama, Rizal Alfian, Analis Pengembangan Peserta Didik, Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud mengatakan even ISPO dan OSEBI yang digelar Kharisma Bangsa sebagai wujud nyata partisipasi masyarakat bahwa fungsi pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah juga melibatkan masyarakat atau komunitas sebagai kekuatan sosial.

Ditanya tentang partisipasi pemerintah bagi siswa berprestasi dalam even FSB, menurut Rizal, outputnya bagi siswa berprestasi, dari bidang sains dan seni pihaknya akan memantau dan berupaya memfasilitasi sehingga negara hadir bagi keberlanjutan siswa berprestasi.

"Hal ini menjadi bagian dari yang akan dibangun oleh pemerintah, yaitu manajemen talenta. Dan sekarang kami sedang menyusunnya, arah dari manajemen talenta nasional," tukasnya.

Presiden Direktur OSEBI Liliana Muliastuti dan Presiden Direktur ISPO Riri Fitri Sari mengapresiasi keberadaan Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud yang akan memfasilitasi siswa berprestasi di tanah air.

Liliana mencontohkan perhatian pemerintah Korea Selatan pada karya anak bangsanya yang membuat negeri Ginseng itu, kini menjadi negara maju di Asia dan dunia. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT