20 February 2020, 22:57 WIB

NasDem Minta Komponen Cadangan tak Bebani Keuangan Negara


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

ANGGOTA Komisi I DPR RI Willy Aditya mengapresiasi rencana program Komponen Cadangan (Komcad) yang ditargetkan merekrut 25 ribu personel.

Menurut politikus Partai NasDem itu, komponen cadangan sangat bagus untuk memperkuat sistem pertahanan. Namun langkah tersebut tidak boleh tergantung dan membebani keuangan negara.

"Membela negara merupakan hak sekaligus kewajiban setiap warga negara. Maka Komcad itu tidak boleh tergantung dan membenani keuangan negara," katanya kepada Media Indonesia, Kamis (20/2).

Baca juga : Kemenhan Buka Pengadaan Komponen Cadangan Untuk ASN dan ...

Menurut dia Komponen Cadangan sangat tepat untuk melapis kekuatan pertahanan dan bisa diarahkan untuk kegiatan selain kebutuhan perang, seperti membantu penanganan bencana dan kegiatan lain.

Ia menjelaskan program tersebut sebaiknya dimatangkan sebelum dilaksanakan. Komponen Cadangan akan membantu kekuatan pertahanan namun tidak membebani keuangan negara.

"Tupoksi Komcad ini harus jelas dan siapa saja target persertanya. Supaya berjalan tanpa membebani anggaran harusnya mengarah pada ASN, pegawai BUMN, swasta dan mahasiswa supaya berjalan tanpa harus menelan APBN,"pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT