20 February 2020, 21:22 WIB

Dua Tokoh Anak Rimba, Belajar ke Hutan Harapan


Solmi | Nusantara

DUA tokoh orang rimba atau suku anak dalam yang mendiami selatan Lanskap Bukit Tigapuluh, Kabupaten Tebo, Jambi, studi banding ke Hutan Harapan.

Kedua pemimpin suku anak dalam itu yakni, Tumenggung Bujang Kabut dan Tumengung Buyung akan mempelajari pengelolaan kawasan hutan restorasi ekosistem pertama Indonesia yang dikelola PT Restorasi Ekosistem Indonesia (REKI).

Selain itu, Bujang Kabut dan Buyung juga diberi ruang untuk berdiskusi dengan pemuka dan masyarakat SAD Bathin IX yang selama ini telah berpartisipasi aktif membantu program restorasi Hutan Harapan.

Menurut Tumenggung Buyung, menjaga hutan adalah suatu kewajiban sekaligus mendapatkan banyak manfaat buat kehidupan, baik dari segi ekonomi, jasa lingkungan dan dalam mempertahankan nilai budaya yang turun temurun diwariskan oleh nenek moyang mereka.

''Kami sadar bahwa tidak bisa hidup tanpa rimbo (hutan). Kami mencari damar, jelutung dan madu dari hutan. Maka kami harus
menjaganya untuk anak cucu kelakâ,'' tegas Tumenggung Buyung, Kamis (20/2).

Sementara itu, aktivis Program BEKAL Kepemimpinan, Yudha Arif Nugroho, partisipasi masyarakat sebuah keniscayaan dalam pengelolaan alam yang berkelanjutan, berkeadilan, dan berkearifan lokal.

''Kami berusaha mendorong terciptanya ruang untuk saling berbagi dan mendengar satu sama lain antar pemangku kepentingan. Semuanya harus membuka hati dan pikiran agar tercipta kebijakan yang adil dan tak ada yang merasa ditinggal atau dirugikan sehingga dapat tercipta ruang hidup yang harmonis antara manusia dan satwa,'' ujar Yudha. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT