20 February 2020, 19:26 WIB

Indonesia Berpeluang Tambah Lifter Berlaga di Olimpiade 2020


Akmal Fauzi | Olahraga

INDONESIA masih berpeluang menambah lifter untuk berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Sejauh ini, baru dua lifter yang sudah dipastikan lolos yakni, Eko Yuli Irawan (kelas 61kg putra) dan Windy Cantika Aisah (kelas 49kg putri).

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi, Berat, Binaraga Seluruh Indonesia (PB PABBSI) DJoko Pramono mengatakan, lifter Indonesia masih akan mengikuti dua turnamen sebelum kualifikasi Olimpiade ditutup..

“Kami masih ada peluang untuk menambah atlet lolos Olimpiade. Mereka masih ada dua event yang kami akan kami maksimalkan untuk menambah poin sebelum penutupan kualifikasi,” kata Djoko di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (20/2).

Djoko menjelaskan, Deni menjadi lifter putra yang masih berpeluang lolos Olimpiade 2020. Saat ini Deni ada di peringkat 13 untuk kelas 67 kg. Deni berpotensi untuk merangsek ke peringkat delapan besar sebagai syarat batas akhir peringkat dunia untuk bisa lolos ke Olimpiade.

Baca juga : Menpora Beri Bonus Lifter Muda Beprestasi di Kejuaraan Asia

Lifter putri junior Indonesia Windy Cantika Aisah mengatakan dirinya akan memaksimalkan dua kejuaraan tersisa yang akan diikuti di Rumania pada Maret dan Uzbekistan pada April nanti sebelum berlaga di Olimpiade.

Saat ini, lifter berusia 17 tahun itu berada peringkat ke enam dunia setelah meraih tiga medali emas di Kejuaraan Angkat Besi Asia Remaja dan Junior 2020 di Tashkent, Uzbekistan pekan lalu.

“Tentu akan saya maksimalkan dua kejuaraan itu dan berharap bisa dapat medali,” jelasnya.

Windy optimistis kembali dapat merebut medali sekaligus menaikkan total angkatan. Pasalnya di kejuaraan terakhir, Windy mengangkat total beban 185 kg. Sedangkan sebelumnya, ia sempat mengangkat total 193 kg. (Mal/OL-09)

BERITA TERKAIT