20 February 2020, 15:48 WIB

Surya Paloh Minta Restorasi NasDem Dipertahankan


Yoseph Pencawan | Politik dan Hukum

KETUA Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh meminta segenap elemen NasDem untuk tetap konsisten menegakkan visi dan misi partai. Terlebih saat ini, partainya sudah memiliki berbagai sumber daya yang sangat memadai, tidak terkecuali untuk memajukan Indonesia. Untuk itu, hal mendasar yang dimintanya untuk diperhatikan segenap elemen partai dan masyarakat adalah cara berpikir sebagai satu bangsa.

"Cara berpikir inilah yang diperjuangkan misi besar partai ini, membawa gerakan perubahan," tegasnya ketika menyampaikan pidato politik sebelum meresmikan gedung DPW Nasdem Sumut di Kota Medan, Kamis (20/2).

Baca juga: KPK masih Telaah Surat Keberatan Kompol Rosa Purbo

Dari yang penuh dengan kepura-puraan, menjadi keterusterangan. Dari kemalasan menjadi lebih disiplin dan rajin. Inilah yang dia yakini paling dibutuhkan bangsa.

Itu harus diperjuangkan agar elemen bangsa tidak terbiasa mempermainkan akal sehat sehingga sampai sekarang Indonesia belum dapat mencapai kemajuan dari apa yang sebenarnya bisa dilakukan.

Partai NasDem, lanjutnya, tidak boleh terjebak pada pikiran-pikiran sempit, seperti mempermasalah perbedaan ras, suku, agama.  "Di NasDem itu sudah selesai. Nilai-nilai kebangsaan sudah total kita miliki," kata Surya.

Sumatera Utara pun menjadi daerah yang memberikan kebanggaan bagi dirinya. Sama seperti NasDem, selama ini Sumut sudah mampu menjaga pluralisme dan toleransi. Sedangkan masyarakat daerah lain banyak yang masih mudah termakan isu-isu kesukuan, agama dan intoleransi lain.

Itu mengapa restorasi yang diinginkan NasDem harus tetap dijalankan, yakni memperkuat seluruh jati diri, kekhasan atau kelebihan yang dimiliki sebagai satu bangsa. "Jangan karena tuntutan perubahan zaman, modernisasi teknologi, kita kehilangan otentiknya Indonesia. Bukan Indonesia sejatinya, berpaling kebarat-baratan, berpaling ke timur tengahan, itu bukan menurut NasDem.
Indonesia adalah Indonesia dan itulah makna dari restorasi," papar Surya.

Terkait dengan peresmian gedung DPW Partai NasDem Sumut, ia yakin gedung ini akan memotivasi seluruh elemen partai di provinsi itu. Begitu juga elemen partai di wilayah lain. "Jangan terkejut, dalam beberapa bulan yang akan datang akan ada peresmian-peresmian yang mengikuti jejak DPW Sumut," tutup Surya.

Baca juga: Tanggapi Usulan Mahfud MD, Polri: Kami Tidak Cari Kasus

Sebelumnya, Surya mengatakan berbagai pihak awalnya berpikir Partai NasDem akan kesulitan menembus batas parlementary treshold pada Pemilu 2014. Namun, pada akhirnya NasDem berhasil lolos dan kemudian dapat mengikuti pemilu berikutnya dengan lebih baik.

Tidak hanya lolos, tetapi NasDem juga mampu mencetak peningkatan yang signifikan. Ini yang membuat optimismenya menjadi lebih besar dalam menghadapi pesta-pesta demokrasi selanjutnya, termasuk Pilkada 2020 yang sudah di depan mata. (OL-6)

BERITA TERKAIT