20 February 2020, 12:26 WIB

Wapres Cek Proyek Wisata di Mandalika


Indriyani Astuti | Nusantara

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin didampingi Ibu Wury mengecek kesiapan proyek wisata di pantai Kuta Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (20/2). Mandalika ditetapkan pemerintah menjadi salah satu dari lima destinasi wisata prioritas pengembangan "Bali Baru".

Wapres melihat rencana pengembangan pengawasan area pantai Balawista pada kavling lahan seluas 200 hektare di Mandalika.

Wapres selanjutnya juga menuju acara Bazar Mandalika. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014, yang diharapkan dapat mengakselerasi sektor pariwisata Provinsi NTB yang sangat potensial.

Baca juga: Wapres Tinjau Rekonstruksi Bangunan Pascagempa NTB

Untuk itu, pemerintah memberikan fasilitas dan kemudahan, baik melalui insentif fiskal maupun nonfiskal, seperti perizinan, ketenagakerjaan, keimigrasian, dan pertanahan.

KEK Mandalika memiliki konsep pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan (sustainable tourism), melalui pembangunan obyek wisata dan daya tarik wisata yang berorientasi pada pelestarian dan kualitas lingkungan hidup di wilayah sekitarnya.

Destinasi wisata Mandalika juga dipersiapkan untuk penyelenggaraan sport tourism Moto GP pada Oktober 2021.

Tes sirkuit dapat dilakukan pada awal 2021. Untuk agenda Moto GP 2021, pemerintah Indonesia sudah mendapatkan lisensi dari Dorna Sports sebagai pihak penyelenggara Moto GP. (OL-1)

BERITA TERKAIT