20 February 2020, 11:15 WIB

PDIP Segera Umumkan Nasib Pencalonan Gibran dan Bobby


Rifaldi Putra Irianto | Politik dan Hukum

SEKRETARIS Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengungkapkan pengumuman pasangan calon (Paslon) kepala daerah Surakarta untuk Pilkada 2020 akan segera dilakukan bersama dengan pengumuman Paslon Kepala Daerah Bali dan Makassar.

"Solo sebenarnnya sudah siap. Tapi, karena akan diumumkan bersama-sama dengan Bali saat masyarakat Bali masih merayakan Galungan maka nanti akan bersama-sama dengan Kota Makassar," kata Hasto dalam keterangan resmi, Kamis, (20/2).

Tidak hanya Solo, ia mengaku kota lainnya pun sudah siap dan hanya menunggu waktu yang tepat untuk diumumkan.

"Sebenarnya daerah-daerah lain seperti Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jambi, dan juga Medan sudah siap diumumkan, " ucapnya.

Baca juga: Elektabilitas Gibran dan Bobby Terus Meningkat jelang Pilkada

Sementara itu, Ketua DPP Badan Pemenangan Pemilu (Bapillu) PDIP Bambang Wuryanto mengatakan kemungkinan pengumuman Paslon Kepala Daerah Solo dan Medan akan diumumkan pada pengumuman gelombang kedua pada Maret mendatang.

"Solo dan Medan kemungkinan pada gelombang kedua, akan dilakukan 3 Maret nanti," sebut Bambang.

Ia menyebut pengumuman Paslon Kepala Daerah dari PDIP terbagi menjadi beberapa gelombang, dengan gelombang pertama dilakukan pada 19 Februari 2020, gelombang kedua direncanakan pada 3 Maret 2020, sementara gelombang ketiga direncanakan pada 23 Maret 2020.

"Gelombang keempat itu yang kans menangnya kecil. Itu di daerah yang kami hanya memiliki satu atau dua kursi," tukasnya.

Salah satu bakal calon Kepala Daerah Solo merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo yakni Gibran Rangkabumi Raka, sementara Bobby Nasution yang merupakan suami putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, digadang-gadang akan maju dalam kontes Pilkada 2020 di Medan. (OL-1)

BERITA TERKAIT